Kemampuan Critical Thinking dengan penerapan Model Contextual Teaching and Learning pada pendekatan Teori Konstruktivisme

Hikmah, Nur (2024) Kemampuan Critical Thinking dengan penerapan Model Contextual Teaching and Learning pada pendekatan Teori Konstruktivisme. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
Cover Dkk.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III Skripsi.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
BAB V Skripsi.pdf

Download (257kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (627kB)

Abstract

Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, dibutuhkan pembelajaran yang mendukung dan tepat, salah satunya yaitu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Tidak hanya penerapan model pembelajaran, dalam belajar juga dibutuhkan teori dan pendekatan, dimana karakteristik pembelajaran kontekstual sangat sesuai dengan teori pembelajaran konstruktivisme yang mana siswa tidak dipandang sebagai sesuatu yang pasif. Dari uraian diatas dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana kemampuan berpikir kritis dalam pandangan teori konstruktivisme (2) Bagaimana model pembelajaran kontekstual dalam pandangan teori konstruktivisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh model pembelajaran kontektual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendekatan teori konstruktivisme. Dalam era modern yang menuntut keterampilan berpikir kritis, penting bagi pendidikan untuk mengadopsi metode yang tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan kemampuan analistis dan evaluatif siswa. Contextual Teahing and Learning, yang mengaitkan pembelajaran dengan konteks dunia nyata, berpotensi memperkuat keterlibatan siswa dan relevansi materi pelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode analisis wacana. Menggunakan sumber data primer yaitu buku buku yang menjadi rujukan induk untuk bahan penelitian. Adapun analisis data yang digunakan yaitu teknik content analysis atau analisis isi. Dalam pandangan teori konstruktivisme, kemampuan berpikir kritis merupakan elemen kunci yang memungkinkan individu untuk secara aktif membangun pengetahuan mereka sendiri melalui interaksi dengan dunia di sekitar mereka. Sedangkan dalam pandangan teori konstruktivisme, pembelajaran kontekstual menunjukkan banyaknya keselarasan yang mana menempatkan siswa sebagai pembelajar aktif yang membangun pengetahuan mereka sendiri melalui interaksi dengan konteks nyata dan sosial. Dari penelitian ini menghasilkan, yaitu: (1) Kemampuan berpikir kritis sangat relevan dalam pandangan teori konstruktivisme karena keduanya menekankan pentingnya pembelajaran aktif, refleksi dan pembangunan pengetahuan melalui pengalaman dan interaksi sosial (2) Contextual Teaching and Learning mendukung prinsip-prinsip dasar teori konstruktivisme yang mana keduanya sama-sama menempatkan siswa sebagai pembelajar aktif dalam membangun pengetahuan mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 21 May 2025 08:00
Last Modified: 21 May 2025 08:00
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2406

Actions (login required)

View Item View Item