IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA RAHMATAN LIL ALAMIN (P5RA) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS 1 DENGAN TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DI MIN 2 KOTA KEDIRI

Kaori Afifah, Meilaisa (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA RAHMATAN LIL ALAMIN (P5RA) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS 1 DENGAN TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DI MIN 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.

[img] Text
BAB Pemula.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (992kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (942kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 .pdf

Download (1MB)

Abstract

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tanggal 10 Februari 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran menjadi dasar hukum dan acuan bagi seluruh lembaga pendidikan di Indonesia yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Salah satu program dalam Kurikulum Merdeka adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil Alamin (P5RA). Di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), P5RA memiliki lima tema utama, yaitu: gaya hidup berkelanjutan, kearifan lokal, Bhinneka Tunggal Ika, rekayasa teknologi, dan kewirausahaan. Penelitian ini berfokus pada tema gaya hidup berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan P5RA tema gaya hidup berkelanjutan pada siswa kelas 1 MIN 2 Kota Kediri; dan (2) Untuk mengetahui hasil penerapan P5RA tema gaya hidup berkelanjutan terhadap pemahaman siswa kelas 1 MIN 2 Kota Kediri.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode field research (penelitian lapangan). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman yang mencakup tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan P5RA tema gaya hidup berkelanjutan telah dilaksanakan sesuai dengan tahapan P5RA, yaitu tahap pengenalan, kontekstualisasi, aksi, dan refleksi. Namun, pelaksanaannya tidak mengacu pada modul ajar P5RA, melainkan menggunakan buku BUPENA Merdeka, yang seharusnya digantikan dengan modul ajar yang disusun oleh guru atau tim fasilitator P5RA; (2) Penerapan P5RA ini memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya lingkungan sekolah yang sehat, pemanfaatan tanaman apotek hidup, serta membentuk karakter siswa yang sesuai dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, mandiri, bergotong royong, kreatif, serta mengandung nilai-nilai Rahmatan lil Alamin seperti berkeadaban (ta’addub), keteladanan (qudwah), kesetaraan (musawah), toleransi (tasamuh), serta sikap dinamis dan inovatif (tathawwur wa ibtikar).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 02 Jun 2025 02:02
Last Modified: 02 Jun 2025 02:02
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2405

Actions (login required)

View Item View Item