Pengaruh Self Assesment Pesertta Didik Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 2 Kediri

Chumairo', Siti Ummu (2024) Pengaruh Self Assesment Pesertta Didik Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
cover.pdf

Download (109kB)
[img] Text
pengesahan .pdf

Download (184kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)

Abstract

Penilaian diri atau bisa disebut self assessment pada peserta didik telah banyak diterapkan terutama di kalangan lembaga pendidikan. Self assessment dilakukan agar peserta didik bisa mengetahui kadar kemampuannya berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditentukan. Peserta didik mampu menilai dan mengevaluasi dirinya sendiri untuk melanjutan proses pembelajaran selanjutnya. Akan tetapi banyak dari pesera didik mengalami kebingungan dalam penerapan penilaian pada dirinya yang menyebabkan tingkat motivasi belajarnya semakin menurun. Dengan adanya penilaian ini, guru tetap mengontrol dan memandu kegiatan pembelajaran agar pelajaran tetap berjalan secara efektif dan efisien. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan tujuan penelitian sebagai berikut; (1) Bagaimana kondisi self assessment peserta didik di SMK PGRI 2 Kediri?. (2) Bagaimana kondisi motivasi belajar peserta didik SMK PGRI 2 Kediri?. (3) Bagaimana pengaruh self assessment peserta didik terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam di SMK PGRI 2 Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mana menyajikan data dengan didominasi dalam bentuk angka dan analisis data menggunakan statistik. Adapun pembahasannya bersifat deskriptif yakni, metode statistik yang berusaha menjelaskan dan menggambarkan berbagai karakteristik data. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 2 Kediri, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self assessment peserta didik memberikan pengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar yang ditandai dengan diterapkannya beberapa intruksi indikator yang sesuai dengan pembahasan penilaian diri. Penerapan self assessment ini memang tidak terlihat, akan tetapi setiap dari peserta didik melakukannya. Terdapat perbedaan terhadap hasi belajar dan tingkat motivasi peserta didik yang telah menerapkannya dengan yang tidak menerapkan. Pelaksanaan penilaian diri oleh peserta didik SMK PGRI 2 Kediri telah berjalan dengan baik dan normal sesuai karakter masing-masing peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 21 May 2025 07:52
Last Modified: 21 May 2025 07:52
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2373

Actions (login required)

View Item View Item