Qolbi'ani, Ayu (2024) Implementasi Pembelajaran Gallery Walk Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Cahaya Di Kelas V Sdn Selopanggung 01. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
Abstract
Metode Gallery Walk merupakan salah satu dari model pembelajaran Active Learning. Model pembelajaran Active Learning merupakan suatu bentuk proses pembelajaran yang lebih menekankan siswa untuk bergerak aktif sebagai subyek belajar yakni siswa mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan, dan mendiskusikan tentang satu materi pembelajaran. Adapun fokus penelitian ini yaitu : 1) Penerapan strategi pembelajaran Gallery Walk pada pembelajaran IPA Materi Cahaya kelas IV Sdn Selopanggung 1 2) Hasil penerapan stategi pembelajaran Gallery Walk pembelajaran IPA Materi Cahaya kelas IV Sdn Selopanggung 1 . Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui penerapan Metode pembelajaran Gallery Walk pembelajaran IPA Materi Cahaya kelas IV Sdn Selopanggung 1 dan mengetahui hasil penerapan metode pembelajaran Gallery Walk pembelajaran IPA Materi Cahaya kelas IV Sdn Selopanggung 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan Kesimpulan dan verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian, yaitu penerapan Metode pembelajaran Gallery Walk pembelajaran IPA Materi Cahaya kelas IV Sdn Selopanggung 1 : 1) Guru membagi kelas kedalam beberapa kelompok. 2) Menentukan topik atau tema. 3) Menyiapkan alat dan bahan. 4) Melaksanakan diskusi dalam kelompok untuk mengolah informasi. 5) Mendesain Gallery sesuai tema yang dipelajari, Guru mengawasi dan memberi bimbingan kepada masingmasing kelompok untuk berdiskusi dalam kerja kelompok. 6) Memerintahkan setiap kelompok untuk menempelkan hasil kerjanya didinding kelas. 7) Setiap anggota kelompok berputar untuk mengamati hasil kerja dari kelompok lain. 8) Secara acak meminta anggota kelompok menjelaskan materi yang ditanyakan kelompok lain. 9) Setiap kelompok saling mengkoreksi hasil kerja kelompok lain. 10) Memberikan klarifikasi dan penyimpulan. hasil penerapan metode pembelajaran Gallery Walk pembelajaran IPA Materi Cahaya kelas IV Sdn Selopanggung 1 , hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam sudah sesuai dengan langkah – langkahnya dan berjalan dengan efisien dan efektif. Dapat disimpulkan bahwa terjadi perubahan saat sebelum dan sesudah penerapan metode gallery walk dikelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 21 May 2025 07:57 |
Last Modified: | 21 May 2025 07:57 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2364 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |