Analisis Pemahaman Guru Tentang Pembelajaran Literasi Numerasi Anak Usia Dini di RA Al Falah Mojoagung

Muawanah, Latifatul (2024) Analisis Pemahaman Guru Tentang Pembelajaran Literasi Numerasi Anak Usia Dini di RA Al Falah Mojoagung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Latifatul Muawanah_201000006_1-12.pdf

Download (745kB)
[img] Text
Latifatul Muawanah_201000006_13-24.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Latifatul Muawanah_201000006_25-40.pdf

Download (630kB)
[img] Text
Latifatul Muawanah_201000006_41-53.pdf

Download (567kB)
[img] Text
Latifatul Muawanah_201000006_54-75.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
Latifatul Muawanah_201000006_76-80.pdf

Download (440kB)

Abstract

Berdasarkan hasil dari penelitian Badan Pusat Statistik pada Oktober 2022 menunjukkan literasi numerasi anak usia dini masuk pada kategori rendah dibanding dengan dimensi literasi yang lainnya. Rendahnya pemahaman literasi numerasi anak usia dini di Indonesia karena salah satunya tingkat pemahaman guru yang juga masih rendah. Pentingnya literasi numerasi pada anak usia dini adalah agar anak dapat memecahkan masalah kehidupan sehari-hari sejak dini, karena literasi numerasi itu berdampak jangka panjang. Skripsi ini membahas tentang Analisis Pemahaman Guru tentang Pembelajaran Literasi Numerasi Anak Usia Dini di RA Al Falah Mojoagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman guru tentang literasi numerasi dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemahaman guru tentang literasi numerasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dalam teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini yaitu, guru RA Al Falah Mojoagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman guru tentang literasi numerasi masih kurang maksimal dikarenakan banyak guru yang belum memahami tentang literasi numerasi. Adapun faktor pendukung pemahaman guru yaitu mengikuti pelatihan pengembangan diri seperti seminar tentang literasi numerasi dan kolaborasi dengan orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya partisipasi dalam mengikuti seminar yang berkaitan dengan literasi numerasi, latar belakang pendidikan guru yang berbeda-beda, terbatasnya fasilitas kegiatan belajar mengajar di RA Al Falah Mojoagung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 28 May 2025 07:42
Last Modified: 28 May 2025 07:42
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2339

Actions (login required)

View Item View Item