Afifah, Hanna Zakiyatul (2024) IMPLEMENTASI MEDIA PAPER QUILLING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TKIT AL-AZHAR KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.
![]() |
Text
Sampul_Hanna Zakiyatul Afifah_201000008-1-12.pdf Download (478kB) |
![]() |
Text
BAB 1_Hanna Zakiyatul Afifah_201000008-13-29.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
BAB 2_Hanna Zakiyatul Afifah_201000008-30-43.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB 3_Hanna Zakiyatul Afifah_201000008-44-58.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB 4_Hanna Zakiyatul Afifah_201000008-59-84.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
![]() |
Text
BAB 5_Hanna Zakiyatul Afifah_201000008-85-91.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
Surat Pernyataan Keaslian_Hanna Zakiyatul Afifah_20100008.pdf Download (131kB) |
Abstract
Paper quilling adalah cara untuk merangkai kertas dengan pengulangan dan teknik. Diperlukan kesabaran yang ekstra ketika mengerjakan sebuah pola atau desain paper quilling akan tetapi, sebenarnya paper quilling mudah untuk dibuat dan disusun menjadi suatu hasil karya yang unik. Kemampuan motorik halus adalah kemampuan manipulasi halus (Fine Manipulative Skill) yang melibatkan penggunaan tangan dan jari secara tepat seperti dalam kegiatan menulis dan menggambar. Kemampuan motorik halus fokus pada kemampuan koordinasi tangan dan mata. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana pengalaman dan persepsi guru terhadap implementasi media Paper Quilling dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini kelompok B di TK IT Al Azhar Kediri? (2) Bagaimana partisipasi anak-anak terhadap penggunaan media Paper Quilling dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini kelompok B di TK IT Al Azhar Kediri? Penelitian ini dibahas dengan metode kualitatif. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B1 dengan jumlah 10 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan.pada teknik pengumpulan data melalui lapangan terbagi menjadi tiga bagian, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Implementasi Media Paper Quilling Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B Di TKIT Al Azhar Kediri mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil kegiatan penggunaan media paper quiling yang dilakukan di kelas B tersebut nampak pencapian yang sudah sangat efektif, sebagian besar anak-anak sangat antusias sekali mengikuti pembelajaran dengan hasil kegiatan paper quiling yang sangat bagus. Pada indikator menggulung kertas tersebut sebanyak 6 anak sudah mampu mengikuti instruksi guru menggulung dengan rapi dengan capaian hasil nilai BSH, begitu juga dengan indikator mengelem pada kertas juga didapatkan sebanyak 6 anak mampu mengelem dengan rapi dengan capaian hasil nilai BSH
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 28 May 2025 07:42 |
Last Modified: | 28 May 2025 07:42 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |