Soolekhah, Binti Amirotus (2024) Penerapan Pembelajaran Active learrning dalam Menumbuhkan kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun di RA Harapan Mojokendil Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Anak usia dini adalah generasi muda mudi yang akan meneruskan perjuangan bangsa yang akan meneruskan kemana arah bangsa ini di bawa dan berkembang. Peningkatan kemampuan anak usia dini dapat di lakukan dengan beberapa metode pembelajaran, seperti hal nya dengan melalui penerapan pembelajran Akif dalam menumbuhkan kreativitas pada anak. Dalam bidang kreativitas yang harus dimiliki oleh anak adalah mampu mengenal konsep-konsep sederhana yang ada dalam kehidupan sehari- hari anak yang telah di alaminya. Sehingga dapat menyimpulkan mengenai sesuatu yang telah ia amati. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tentang bagaimana perkembangan kognitif yang ada di lembaga tersebut. (2)untuk mengetahui apakah penerapan aktive learning yang di lakukan dalam kegiatan belajar mengajar dapat menumbuhkan kreativitas anak, (3)faktor pendukung dan penghambat kegiatan pembelajaran aktive learning. Pada penelitian ini metode yang di gunakan peneliti adalah menggunakan jenis penelitian Kualiatif Deskriptif, penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang dibuat untuk mengungkapkan fenomena secara holistik-kontekstual. Penelitian ini di lakukan dengan cara observasi langsung pada lembaga yang di jadikan sebagai objek penelitian, dengan menggunakan teknik wawancara, pengamatan, kemudian dapat menyimpulkan hasil-hasil sesuai dengan rumusan-rumusan masalah yang telah di rencanakan sebelumnya. Sehingga hasil dari penelitian yang dilakukan di Ra Harapan Mojokendil adalah penerapan pembelajaran active learning dapat menumbuhkan kreativitas pada anak usia dini di lembaga pendidikan tersebut. Meskipun ada beberapa faktor yang menjadi penghambat terlaksananya penerapan pembelajaran aktive learning seperti kurangnya alat dan bahan, percobaan yang tidak selalu berhasil, serta membutuhkan kesabaran. Namun dibalik adanya faktor penghambat juga ada factor pendukungnya, yakni seperti membuat anak menjadi lebih percaya mengenai suatu kejadian sebab akibat tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 27 May 2025 02:10 |
Last Modified: | 27 May 2025 02:10 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |