Sukma, Nur Ha'yati (2024) PENGELOLAAN PAUD INKLUSI BERBASIS PENDIDIKAN ISLAM : STUDI KASUS DI RA ISLAM TERPADU BINA INSANI LIRBOYO. Undergraduate (S1) thesis, UIT LIRBOYO KEDIRI.
![]() |
Text
PERMULAAN BAB.pdf Download (880kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (269kB) |
Abstract
Pendidikan inklusi merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan bagi semua peserta didik, termasuk anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus (ABK) maupun potensi kecerdasan dan bakat istimewa, untuk memperoleh pendidikan yang setara. Namun, masih banyak masyarakat yang belum memahami pentingnya pendidikan inklusi, khususnya pada jenjang anak usia dini.Sebagai lembaga pendidikan Islam, madrasah memiliki peran penting dalam mencetak sumber daya manusia yang tidak hanya berkualitas secara intelektual, tetapi juga memahami akidah Islam dengan baik. RA Islam Terpadu Bina Insani Lirboyo telah menyelenggarakan pendidikan inklusi dengan memperlakukan anak berkebutuhan khusus (ABK) setara dengan anak reguler. Proses kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara bersama-sama antara siswa ABK dan siswa reguler dalam satu kelas.Fokus penelitian ini mencakup:(1) Bagaimana perencanaan PAUD inklusi berbasis pendidikan Islam di RA Islam Terpadu Bina Insani Lirboyo?(2) Bagaimana pelaksanaan PAUD inklusi berbasis pendidikan Islam di RA Islam Terpadu Bina Insani Lirboyo?(3) Bagaimana evaluasi pengelolaan PAUD inklusi berbasis pendidikan Islam di RA Islam Terpadu Bina Insani Lirboyo?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Perencanaan mencakup penyusunan program pembelajaran, penyediaan guru pembimbing khusus (shadow teacher), pembentukan tim PPDB, identifikasi sarana dan prasarana, serta perencanaan pembiayaan.(2) Pelaksanaan meliputi pelaksanaan program pembelajaran inklusi, pelatihan guru melalui workshop, asesmen awal siswa ABK, penyediaan sarana dan prasarana pendukung, kegiatan parenting, serta layanan kesehatan dan gizi.(3) Evaluasi dilakukan melalui evaluasi program pembelajaran, supervisi terhadap guru, serta peninjauan sarana dan prasarana secara berkala.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 27 May 2025 02:10 |
Last Modified: | 27 May 2025 02:10 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |