UMI, KULTSUM (2024) PENGARUH MEDIA BUKU CERITA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SOSIAL BUDAYA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKI AL FATH GONDANGLEGI PRAMBON. Undergraduate (S1) thesis, UIT LIRBOYO KEDIRI.
![]() |
Text
PERMULAAN BAB.pdf Download (740kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (290kB) |
Abstract
Pada anak usia 5–6 tahun, stimulasi yang diberikan sangat menentukan perkembangan kemampuan mereka. Stimulasi ini dapat diberikan secara langsung melalui lingkungan keluarga (orang tua), lingkungan sosial, maupun melalui lembaga formal seperti sekolah. Di sekolah, proses stimulasi dapat dilakukan dengan memilih media pembelajaran yang tepat. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah buku cerita. Buku cerita merupakan media yang kompleks karena menggabungkan unsur gambar (untuk diamati) dan teks (untuk dibaca). Media ini dapat mendukung proses stimulasi dan pengembangan literasi secara lebih maksimal karena memiliki daya tarik tersendiri. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media buku cerita dengan peningkatan kemampuan literasi anak. Namun, berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa kemampuan literasi sosial budaya anak usia dini di TKI Al Fath masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena media pembelajaran yang digunakan lebih sering berupa penyampaian langsung oleh guru. Padahal, media buku cerita sebenarnya tersedia dalam jumlah yang cukup, namun belum dimanfaatkan secara optimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan media buku cerita di TKI Al Fath Gondanglegi Prambon? Apakah terdapat pengaruh media buku cerita terhadap kemampuan literasi sosial budaya di TKI Al Fath Gondanglegi Prambon? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Desain ini menggunakan pretest untuk memperoleh data awal sebagai bahan analisis. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa, dan pelaksanaannya dilakukan di TKI Al Fath Gondanglegi Prambon. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial dengan uji t.Hasil penelitian menunjukkan: Penerapan media buku cerita dilakukan dengan cara guru menyediakan buku yang sesuai dengan perkembangan anak, membacakan cerita sambil menunjukkan halaman demi halaman, melakukan improvisasi dalam bercerita, memaksimalkan ekspresi dan pelafalan, serta memberikan contoh langsung sesuai tema pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 15,602 > 1,699, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media buku cerita dengan peningkatan kemampuan literasi sosial budaya anak usia 5–6 tahun di TKI Al Fath Gondanglegi Prambon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 02:38 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 02:38 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2316 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |