Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 5–6 Tahun di TK Islam Baitul Makmur Tanjungtani Prambon

SITI, AISYAH (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 5–6 Tahun di TK Islam Baitul Makmur Tanjungtani Prambon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (341kB)

Abstract

Peningkatan kemandirian anak usia 5–6 tahun melalui pembelajaran berbasis proyek di TK Islam Baitul Makmur merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan kemampuan sosial-emosional anak. Pada usia lima hingga enam tahun, anak mulai mampu membedakan antara hal yang baik dan buruk, memahami larangan, serta konsekuensi dari pelanggaran aturan. Namun, hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa tingkat kemandirian anak di TK Islam Baitul Makmur belum berkembang secara optimal. Oleh karena itu, diterapkan metode pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemandirian anak. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran berbasis proyek? dan (2) Bagaimana hasil penerapan metode tersebut dalam meningkatkan kemandirian anak usia 5–6 tahun di TK Islam Baitul Makmur? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan metode deskriptif yang dipadukan dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemandirian anak pada pra-siklus hanya mencapai 13,26% (kategori Mulai Berkembang/MB). Setelah pelaksanaan siklus I, terjadi peningkatan hingga 73,33% (kategori Berkembang Sesuai Harapan/BSH), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 86,66% (kategori Berkembang Sangat Baik/BSB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan kemandirian anak usia 5–6 tahun di TK Islam Baitul Makmur Tanjungtani, Prambon, Nganjuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 17 Jun 2025 02:51
Last Modified: 17 Jun 2025 02:51
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2302

Actions (login required)

View Item View Item