Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMAI As-Syafi’ah Mojosari Nganjuk

Ngulum, Muhamad Bahru (2024) Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMAI As-Syafi’ah Mojosari Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
BAB V dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)

Abstract

Kemajuan suatu negara dapat diukur dengan hasil belajar peserta didiknya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas X SMAI As-Syafi’ah Mojosari, Nganjuk. Minat belajar yang rendah ini berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan media pembelajaran audio visual yang diyakini dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Berdasarkan konteks yang telah disebutkan, peneliti tertarik untuk meneliti Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMAI As-Syafi’ah Mojosari Nganjuk. Dengan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana peran penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama islam kelas X di SMAI As-Syafi’ah Mojosari Nganjuk? (2) Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama islam kelas X di SMAI As-Syafi’ah Mojosari Nganjuk?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini dilakukan analisis terhadap data kualitatif. Data yang terkumpul diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan media pembelajaran audio-visual memainkan peran penting dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMAI As-Syafi’ah Mojosari Nganjuk. Berdasarkan teori belajar kognitif yang dikemukakan oleh Jerome Bruner, media audio-visual membantu memfasilitasi proses belajar melalui representasi ikonik dan simbolik. (2) Efektivitas media pembelajaran audio-visual dalam meningkatkan minat belajar siswa terbukti signifikan. Berdasarkan teori Bruner, representasi visual dapat membantu siswa membangun skema mental yang lebih jelas, meningkatkan retensi dan pemahaman materi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan media audio-visual menunjukkan peningkatan antusiasme, partisipasi aktif, dan pemahaman yang lebih baik terhadap materi Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 10 Jun 2025 04:13
Last Modified: 10 Jun 2025 04:13
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item