Analisis Karakteristik Peserta Didik melalui Asesmen Diagnostik Non-kognitif pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK PGRI 2 Kediri

Mardani, Devita Kharisma (2024) Analisis Karakteristik Peserta Didik melalui Asesmen Diagnostik Non-kognitif pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK PGRI 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
Cover dkk (Sampul-Abstrak) Skripsi Devita Kharisma M..pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Devita Kharisma M..pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Devita Kharisma M..pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB III Skripsi Devita Kharisma M..pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Devita Kharisma M..pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text
BAB V Skripsi Devita Kharisma M..pdf

Download (330kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi Devita Kharisma M..pdf

Download (435kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat deskriptif dengan menggunakan rumus analisis parametrik rumus analisis regresi linier sederhana. Bentuk penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di SMK PGRI 2 Kediri. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan menyebarkan angket dengan sampel 81 siswa dari 807 jumlah siswa kelas X dan XI yang di teliti. Pada penelitian ini peneliti akan mencari pengaruh asesmen diagnostik non-kognitif terhadap karakteristik peserta didik di SMK PGRI 2 Kediri. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana cara mengetahui karakteristik siswa dalam mengondisikan kelas saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK PGRI 2 Kediri? (2) Bagaimana proses pemanfaatan asesmen diagnostik non-kognitif pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK PGRI 2 Kediri? (3) Bagaimana hasil pemanfaatan asesmen diagnostik non-kognitif terhadap karakteristik peserta didik di SMK PGRI 2 Kediri? Dari hasil penelitian menunjukkan tingkat pengaruh hasil pemanfaatan asesmen diagnostik non-kognitif terhadap karakteristik peserta didik di SMK PGRI 2 Kediri menurut hasil uji hipotesis Parametrik dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, asesmen diagnostik non-kognitif tidak memiliki pengaruh terhadap karakteristik peserta didik di SMK PGRI 2 Kediri dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,903 > 0,05. Dengan kesimpulan, Ha ditolak dan H0 diterima artinya tidak terdapat pengaruh antara variabel asesmen diagnostik non-kognitif terhadap karakteristik peserta didik di SMK PGRI 2 Kediri. Hal itu disebabkan, karena kurangnya kemaksimalan asesmen diagnostik non-kognitif itu sendiri sehingga berakibat belum tercapainya tujuan pembelajaran ataupun uji tes asesmennya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 10 Jun 2025 02:43
Last Modified: 10 Jun 2025 02:43
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2229

Actions (login required)

View Item View Item