Implementesi metode belajar problem based learning pada mata pelajaran tajwid al-Jazariyah kelas 3 tsanawiyah di MPHM Lirboyo Kota Kediri

Hasanah, Ana Wafiratul (2024) Implementesi metode belajar problem based learning pada mata pelajaran tajwid al-Jazariyah kelas 3 tsanawiyah di MPHM Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (954kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (430kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (561kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan bahwa pelajaran tajwid sangatlah membosankan dan sulit untuk dipelajari, dengan kondisi kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, kemudian ceramah dan demonstrasi menjadi pilihan strategi belajar. Sesuai dengan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran tajwid al-Jazariyah di kelas 3 Tsanawiyah Madrash Putri Hidayatul Mubtadi-aat Lirboyo Kota Kediri, dan bagaimana evaluasi pembelajaran Problem Based Learning yang diimplementasikan dalam pelajran tajwid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif, subyek pada penelitian ini adalah pimpinan madrasah, guru tajwid dan peserta didik kelas 3 Tsanawiyah E, F dan G. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan metode dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah triangulasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut : 1) cara menerapkan Problem Based Learning pada mata pelajaran tajwid di kelas 3 Tsanawiyah E, F dan G MPHM Lirboyo Kota Kediri adalah dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan kepada peserta didik supaya peserta didik menganalisis dan memecahkan permasalahan di kelompok masing-masing. 2) hasil dari penerapan Problem Based Learning yakni dapat meningkatkan kualitas membaca al-Qur’an peserta didik dan peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaanya dengan presentase yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ana Wafiratul Hasanah
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:49
Last Modified: 19 Aug 2025 03:49
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2142

Actions (login required)

View Item View Item