Kholifah, Nurul (2022) Penerapan Strategi Active Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn Lirboyo 4 Kec. Mojoroto Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
Cover.pdf Download (394kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (524kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (390kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (455kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (225kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) |
Abstract
KHOLIFAH, NURUL. 2022: Penerapan Strategi Active Learning dalam Pembelajaran PAI di SDN Lirboyo 4 Kec. Mojoroto Kota Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Edi Nurhidin, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Active Learning, Pembelajaran PAI Salah satu permasalahan serius yang yang dihadapi dunia pendidikan sekarang ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran, termasuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Seorang guru perlu mengembangkan proses pembelajaran dengan melalui strategi-strategi yang mampu membawa peserta didik senang dalam belajar dan pemahaman pesersa didik, seperti menggunakan strategi pembelajaran active learning. Fokus penelitian sebagai berikut (1) Bagaiamana penerapan strategi strategi active learning dalam pembelajaran PAI di SDN Lirboyo 4 Kec. Mojoroto Kota Kediri? (2) bagaimana upaya memaksimalkan strategi active learning dalam pembelajaran PAI di di SDN Lirboyo 4 Kec. Mojoroto Kota Kediri? Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskkriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Merupakan penilitian yang dilakukan secara terinci serta mendalam pada suatu lembaga ataupun gejala-gejala tertentu. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian yaitu mengetahui penerapan strategi active learning dalam pembelajaran PAI dan upaya untuk memaksimalkan strategi active learning dalam pembelajaran PAI di SDN Lirboyo 4 Kec. Mojoroto Kota Kediri. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan strategi active learning dalam pembelajaran PAI di SDN Lirboyo 4 Kec. Mojoroto Kota Kediri berjalan dengan baik walaupun tidak sepenuhnya diterapkan dalam pembelajaran. Adapun strategi yang diterapkan yaitu everyone is teacher here, diskusi kelompok, metode ceramah, dan tanya jawab. Terdapat pula kendala atau hambatan yang menyebabkan kurang maksimalnya strategi active learning dalam pembelajaram PAI di SDN Lirboyo 4 Kec. Mojoroto Kota kediri seperti keterbatasan guru dalam menerapkan metode pembelajaran, latar belakang siswa yang berbeda-beda, serta sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Dwi Astari Jarman |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 04:53 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 04:53 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1857 |
Actions (login required)
View Item |