KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN LIRBOYO KEDIRI

Amudi, Faisal (2023) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN LIRBOYO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
cover dkk skripsi faisal.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 skripsi faisal.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB II skripsi faisal.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB III skrpsi faisal.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB IV skripsi faisal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text
BAB V skripsi faisal.pdf

Download (547kB)
[img] Text
Daftar Pustaka skripsi faisal.pdf

Download (559kB)
[img] Text
Lampiran skripsi faisal.pdf

Download (1MB)

Abstract

Faisal Amudi, Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Kediri, Pendidikan Agama Islam Tribakti Kediri. Dosen Pembimbing Dra. Hj. Rifqi Awati Zahara, M.pd.I Kata Kunci: Kreativitas Pembelajaran, Akidah Akhlak, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi peneliti di Pondok Pesantren Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo. Masih ada siswa yang belum mengetahui cara mengimplementasikan akidah akhlaq dalam kehidupan sehari hari, Kurangnya siswa menunjukkan sikap sopan santun dengan guru maupun orang yang lebih tua darinya. Terdapat siswa yang masih melanggar tata tertib di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo. Hal ini menjadi perhatian yang menarik untuk memecahkan faktor yang menjadi permasalahan diatas. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana bentuk kreativitas pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo? 2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa melalui kreativtas guru dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Perencanaan dan Pelaksanaan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Kediri”. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian field research, lokasi penelitian berada di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Kediri, dalam menentukan subyek penelitian menggunakan sumber data dari metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun analisis data dalam penelitisn ini yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian ini adalah 1) Perencanaan Implementasi pembelajaran selain mempersiapkan RPP sebagai pedoman pembelajaran, guru juga mempersiapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran dan media pembelajaran. 2) Untuk pelaksanaan pembelajaran, guru membuka pelajaran, menyampaikan isi materi, dan menutup pelajaran. Metode yang digunakan adalah diskusi, tanya jawab, dan demonstrasi. Untuk media yang digunakan adalah papan tulis, kapur, LCD, buku dan kamus arab-Indonesia. 3) Untuk evaluasi menggunakn tes tulis dan uji praktek. Untuk ujian praktek membaca kitab dalam setiap pertemuan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa paham dan mengerti siswa terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.Pd M. Syahrizal Niqie
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:41
Last Modified: 06 Aug 2024 04:41
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1763

Actions (login required)

View Item View Item