Audad, Iklil Idat (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR AL MAHRUSIYAH III NGAMPEL KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN RELIGIUS SISWA cover.pdf Download (158kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (101kB) |
|
Text
lembar pengesahan penguji.pdf Download (645kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (214kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (340kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (360kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (260kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (181kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Religius, SD Al Mahrusiyah. Maju mundurnya suatu negara sebagian besar ditentukan oleh maju mundurnya pendidikan. Agar pendidikan dan pengajaran Islam di pesantren dapat terlaksana dengan baik khususnya pada siswa sekolah dasar, maka perlu diupayakan untuk meningkatkan pendidikan religius, karena pendidikan berfungsi mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya dan menjadi ahli ilmu agama.Fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah Implementasi pendidikan religius di sd Al-Mahrusiyah III Ngampel Kediri? (2) Apa saja Kelebihan dan kekurangan pendidikan religius yang di terapkan di sd Al-Mahrusiyah III Ngampel kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyusunan data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan, yaitu; 1). Bentuk-bentuk pendidikan religius di SD Al Mahrusiyah meliputi belajar baca tulis al-Qur`an dan tadarrus, pemakaian busana muslim, pelaksanaan shalat jamaah di sekolah, kegiatan madin, pembiasaan senyum, sapa dan salam, berperilaku sopan santun kepada semua warga sekolah, dan doa bersama, serta peringatan hari-hari besar agama Islam. 2). kelebihan di terapkannya implementasi pendidikan Religius adalah membentuk pribadi muslim yang sejati, mencetak generasi yang unggul dalam bidang akademis maupun non-akademis, dan menciptakan sebuah ketenangan jiwa dan batin siswa. Sedangkan kekurangan di terapkannya implementasi pendidikan religius siswa di SD Al-Mahrusiyah III Ngampel Kediri adalah adanya wali murid yang tidak mendukung pembiasaan aktivitas keagamaan di madrasah yang akan menjadikan sulitnya pendidikan religius pada siswa, implementasi pembiasaan siswa di madrasah akan membuat guru di tuntut untuk bertanggung jawab penuh terhadap siswa dalam implementasi pembiasaan aktivitas keagamaan, dan adanya perubahan sikap siswa di sekolah dan di rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Alwi Hasan |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:40 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:40 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1762 |
Actions (login required)
View Item |