Rahmadani, Desy Rita (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pelajaran PAI SD Al-Mahrusiyah Ngampel Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
Text
COVER DEPAN.pdf Download (232kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (673kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (920kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (565kB) |
Abstract
Learning loss atau ketertinggalan pembelajaran terjadi pada implementasi kurikulum 2013 tahun 2019 yang disebabkan oleh pembelajaran jarak jauh(PJJ). Peristiwa itu menyebabkan timbulnya perubahan kurikulum menjadi kurikulum merdeka belajar. Karena seringnya kurikulum mengalami perubahan, kita harus memahami betul terkait tahapan implementasi kurikulum yang baru. Jika pemahaman terkait konsep implementasi kurikulum merdeka kurang, maka akan kesulitan menerapkan kurikulum dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut : (1) Bagaimana perencanaan Kurikulum Merdeka pada pelajaran PAI di SD Al-Mahrusiyah Ngampel? (2) Bagaimana mengaplikasikan Kurikulum Merdeka pada pelajaran PAI di SD Al-Mahrusiyah Ngampel? (3) Bagaimana mengevaluasi Kurikulum Merdeka pada pelajaran PAI di SD Al-Mahrusiyah Ngampel? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun pembahasannya yaitu mendeskripsikan tentang implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran PAI di SD Al-Mahrusiyah Ngampel Kediri. Peneliti menggali data menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Al-Mahrusiyah Ngampel Kediri. Hasil Penelitian, yaitu : (1) Perencanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada pelajaran PAI di SD Al-Mahrusiyah Ngampel Kediri dengan melakukan penyusunan kurikulum operasional dengan tim yang terdiri dari kepala sekolah, staf kantor, dan beberapa guru termasuk guru PAI. Setelah penyusunan kurikulum operasional, guru membuat perangkat pembelajaran seperti, prota, promes, silabus, dan RPP. Sayangnya di SD Al-Mahrusiyah Ngampel, RPP pada mata pelajaran PAI dirancang di pertengahan semester 1, hal itu berpengaruh pada implementasi pembelajaran PAI yang kurang sesuai dengan materi yang ada di buku ajar. (2) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada pelajaran PAI di SD Al-Mahrusiyah Ngampel Kediri dilaksanakan pada hari selasa untuk kelas empat dan hari sabtu untuk kelas satu pada pukul 07.00 sampai 09.00 WIB. Pembelajaran pada kelas satu lebih ditekankan untuk belajar menulis, sedangkan pembelajaran kelas empat hampir sama seperti K13 yang menerapkan system kelompok diskusi. (3) Evaluasi Kurikulum Merdeka Belajar pada pelajaran PAI di SD Al-Mahrusiyah Ngampel Kediri dengan mengadakan ujian baik harian, tengah semester maupun akhir semester. Hasil evaluasi tersebut akan dituangkan kedalam rapor peserta didik. Rapor tersebut terbagi menjadi 4, yaitu rapor mata pelajaran reguler, mata pelajaran muatan lokal, dan mata pelajaran madin. Pelajaran PAI masuk kedalam rapor mata pelajaran reguler(inti).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Desy Rita Ramadhani |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:58 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:58 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1729 |
Actions (login required)
View Item |