Lathifi, Ahmad (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ILMU NAHWU MELALUI METODE SOROGAN DI MADRASAH DINIYYAH ANNUR RAMBIPUJI JEMBER. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
Text
cover dkk ahmad lathifi.pdf Download (778kB) |
|
Text
BAB I LATHIFI.pdf Download (786kB) |
|
Text
BAB II LATHIFI.pdf Download (807kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI LATHIFI.pdf Download (536kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI LATHIFI.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI LATHIFI.pdf Download (484kB) |
|
Text
LAMPIRAN LATHIFI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ahmad Lathifi. 2023, Peran Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Ilmu Nahwu Melalui Metode Sorogan Di Madrasah Diniyyah An-Nur Rambipuji Jember. SKRIPSI, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Tribakti (UIT)Kediri. Pembimbing Skripsi : Ibu Siti Wahyuni, M.Pd.I. Metode sorogan sangat dibutuhkan untuk mempelajari kitab-kitab ulama’ terdahulu, seperti tafsir, fiqih, tauhid, tasawuf, dan lain sebagainya.karna bagaimana pun perkembangan agama islam yang ada di seluruh dunia, pasti terkait dengan karangan para ulama’ salaf, pemahaman para santri terhadap kitab kuning adalah salah satu yang sangat perlu di perhatikan demi keberlangsungan dakwah islam. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengetahui peranan penting para asaatidz dalam membimbing para santri dalam meningkatkan pemahaman mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan seorang guru dalam meningkatkan ilmu nahwu melalui metode sorogan yang ditinjau dari 3 pembahasan, yaitu: (1).bagaimana peran guru dalam meningkatkan pemahaman ilmu nahwu di Madrasah Diniyyah An-Nur Rambipuji Jember(2). bagaimana hasil peran guru dalam meningkatkan pemahaman ilmu nahwu di Madrasah Diniyyah An-Nur Rambipuji Jember (3).Bagaimana dampak yang di peroleh melalui Metode sorogan di Madrasah Diniyyah An-Nur Rambipuji Jember Sesuai dengan fokus penelitian di atas, maka tujuan penelitian skripsi ini adalah:(1)Untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap ilmu nahwu di madrasah diniyyah Annur Rambi Puji Jember.(2)Untuk mengetahui hasil peran guru dalam meningkatkan pemahaman ilmu nahwu di madrasah diniyyah Annur Rambi Puji Jember.(3)Untuk mengetahui dampak yang di peroleh melalui metode sorogan di madrasah diniyyah Annur Rambi Puji Jember. Dan untuk ntuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode wawancara,observasi, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data miles dan huberman dengan mengumpulkan data, reduksi data, dan kesimpulan data. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa:(1) peranan guru di Madrasah Diniyyah An-Nur Rambipuji Jember. sangatlah banyak, ini di karenakan merekalah yang akan mengenalkan ilmu nahwu terhadap para santri pemula, menjadi pengembang pengetahuan di jenjang selanjutnya dan menjadi pengevaluasi di jenjang yang lebih tinggi. (2) Hasil dari guru yang telah mengenalkan,membimbing, dan membantu para peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memperdalam pengetahuan dan mempraktekkan ilmu mereka dalam fan nahwu ini sangat mempengaruhi keinginan/minat para siswa untuk jenjang-jenjang selanjutnya,(3).Dampak Dari penerapan metode tersebut sangatlah banyak yang diantaranya adalah terciptanya lingkungan belajar di area pesantren,para siswa lebih merasa bertanggung jawab,dan lainnya. Kata Kunci : Guru, Ilmu Nahwu , Metode Sorogan.Madrasah, Buku Saku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.Pd M. Syahrizal Niqie |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:55 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:55 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1718 |
Actions (login required)
View Item |