Solikah, Maratus (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Buku Pendamping Pembelajaran Tematik Kelas III Di MI Arrahmah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
Text
COVER.pdf Download (906kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (469kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (569kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (755kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (236kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (354kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Suatu lembaga dapat dikatakan mencapai pendidikan yang tinggi jika memiliki hasil belajar siswa yang baik. Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi dari beberapa faktor diantaranya bahan ajar. Bahan ajar yang tepat akan memfasilitasi pemahaman dan pencapaian siswa. Oleh karena itu, perlu adanya upaya perbaikan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas 3 MI Arrahmah. Salah satunya dengan menerapkan buku pendamping pembelajaran Tematik Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggunakan buku pendamping pembelajaran Tematik kelas III dengan menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan karena masih terdapat tantangan dalam mengoptimalkan penggunaan bahan ajar Tematik sebagai alat pembelajaran di kelas III. Dari tersebut, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana implementasi Buku Pendamping Pembelajaran Tematik kelas III di MI Arrahmah ? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan Buku Pendamping Pembelajaran Tematik kelas III di MI Arrahmah? Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 3 siklus yang masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di MI Arrahmah. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar siswa. Dari data tersebut kemudian di analisis menggunakan rumus yang terdiri dari rumus rata – rata siswa dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah menerapkan buku pendamping pembelajaran tematik dengan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan Buku pendamping pembelajaran tematik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dan keterampilan mereka dalam menerapkan konsep yang dipelajari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan buku pembelajaran pendamping Tematik kelas III dengan metode PTK dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rekomendasi penelitian ini adalah agar pihak sekolah dapat menentukan bahan ajar yang tepat sebagai acuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Maratus Solikah |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:16 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:16 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1671 |
Actions (login required)
View Item |