Aliyah, Ana Zumrotul (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Small Group Work pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 MI Arrahmah Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
Text
COVER .pdf Download (522kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (302kB) |
|
Text
BAB II .pdf Download (341kB) |
|
Text
BAB III .pdf Download (443kB) |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
|
Text
BAB V .pdf Download (164kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
|
Text
LAMPIRAN .pdf Download (873kB) |
Abstract
Kurikulum 2013, mengisyaratkan bahwa kegiatan pembelajaran merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran diarahkan untuk semua potensi peserta didik menjadi kompetensi yang diharapkan. maka perlu adanya upaya perbaikan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas 1 MI Arrahmah. Salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran Small Group Work dimana kelas akan terbagi menjadi beberapa kelompok kecil. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan metode Small Group Work pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas 1 MI Arrahmah di Kecamatan Papar, Kediri. Metode Small Group Work merupakan suatu pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kelompok kecil untuk mendorong kerjasama dan interaksi antar siswa dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi praktisi pendidikan dalam memperkaya metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam konteks pembelajaran tematik di tingkat kelas 1 MI. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain pretest-posttest control group design. Partisipan penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan metode Small Group Work dan kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung > ttabel dengan nilai thitung sebesar 8,153 > ttabel 0,00227. Adapun besar pengaruh tersebut dilihat dari uji regresi diperoleh nilai R Square sebesar 0,858 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel X (Metode Small Group Work) terhadap variabel Y (Hasil Belajar) adalah sebesar 85,8%. Sebagaimana dasar pengambilan keputusan pada bab sebelumnya dengan hasil tersebut, maka Ha dapat diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | ANA ZUMROTUL ALIYAH LULUK SULISTIANI |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:17 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:17 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1670 |
Actions (login required)
View Item |