Komodifikasi Budaya Pada Media Lokal: Studi kasus Program Klinong-klinong di KSTV

MUSLIH, AFIFUDIN (2023) Komodifikasi Budaya Pada Media Lokal: Studi kasus Program Klinong-klinong di KSTV. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (322kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (116kB)
[img] Text
4. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (311kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (230kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (221kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf

Download (77kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Kata kunci: Komodifikasi Budaya, Klinong-klinong, KSTV Program siaran klinong-klinong merupakan salah satu program siaran di KSTV, Televisi lokal di Kota Kediri, yang menampilkan content dengan mengangkat tema budaya. Pengadaan program klinong-klinong ini mengandung unsur komodifikasi budaya. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) bagaimana proses produksi komodifikasi budaya pada program siaran di Kstv? (2) mengapa Kstv melakukan komodifikasi budaya dalam program klinong-klinong?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, adapun pembahasanya bersifat triangulasi teoritis disertai dengan menganalisa keadaan sesuai yang ada. Prosedur pengum pulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi data, analisis data dan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu (1) Dasar komodifikasi budaya dalam program Klinong- klinong KSTV didasarkan beberapa pertimbingan diantaranya pertimbangan bisnis dengan hukum supply demand, pertimbangan ideologi warga, dan pertimbangan kultural yang berkaitan dengan pendekatan sosio-kultural. Dasar paling utama dalam komodifikasi budaya yaitu berdasarkan pertimbangan kultural tentang konten ditengah arus kekinian, yang melunturkan kul tural kebudayaan. 2) Dalam proses komodifikasi budaya dalam program Klinong- klinong KSTV, dianalisis menggunakan teori ekonomi politik media Vincent Mosko bagian komodifikasi, yaitu komodifikasi konten dengan pesan yang disampaikan oleh Informan budaya tentang pesan pemahaman kebudayaan, kesejarahan, komodifikasi crew yang menggunakan anak magang (freelabour), meskipun tidak ada larangan oleh P3/SPS tentang komodifikasi crew Akan tetapi dalam hasilnya terdapat salah satu pihak yang dirugikan. Dan komodifikasi khalayak yang tersegmentasi pada jaringan dan warga. Proses komodifikasi budaya dilakukan untuk mewujudkan kepentingan ideologi warga yang tetap dipertahankan dan dilestarikan dengan tanpa memarjinalkan. 3) Komodifikasi budaya dalam KSTV dapat dikatakan mampu menjaga keberlangsungan bisnis media KSTV.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: S.Sos MUHAMMAD ARVIN FARIZA
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:09
Last Modified: 05 Aug 2024 03:09
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1656

Actions (login required)

View Item View Item