Nuraida, Dila (2023) PENGARUH EKSTRAKURIKULER ROBOTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA YANG MENGIKUTINYA DI MIN 2 KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
Text
Cover.pdf Download (221kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (784kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (341kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (643kB) |
|
Text
BAB 3.docx.pdf Download (488kB) |
|
Text
BAB 4.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf Download (394kB) |
|
Text
BAB 5.docx.pdf Download (299kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh ekstrakurikuler robotik terhadap prestasi belajar siswa yang mengikuti Ekstrakurikuler Robotik di MIN 2 Kabupaten Kediri dan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengaruhnya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 20 orang terdiri dari siwa kelas 3-5 yang mengikuti Ekstrakurikuler Robotik di MIN 2 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan dua macam variabel yaitu : 1) variabel bebas : Ekstrakurikuler Robotik (X), 2) Variabel Terikat : Prestasi Belajar (Y). Pengumpulan data untuk variabel Ekstrakurikuler Robotik dan Prestasi Belajar menggunakan metode angket dengan skala Likert. Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menghitung harga mean, median, modus, dan simpangan baku. Analisis data untuk uji hipotesis menggunakan uji normalitas dan analisis regresi linier sederhana dan untuk mengetahui besarnya persentase derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y digunakan koefisien determinasi dengan menggunakan software SPSS for Windows versi 29. Terdapat pengaruh positif kegiatan ekstrakurikuler robotik terhadap prestasi belajar siswa yang mengikuti Ekstrakurikuler Robotik di MIN 2 Kabupaten Kediri terbukti dengan analisis data diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 8.960 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,008 ˂ 0,05, maka model dapat dipakai dengan demikian Ho di tolak dan Ha diterima artinya untuk memprediksi variabel Ekstrakurikuler Robotik atau dengan kata lain ada pengaruh variabel Ekstrakurikuler Robotik (X) terhadap variabel Prestasi Belajar (Y). Dari data yang diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,332, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Ekstrakurikuler Robotik) terhadap variabel terikat (Prestasi Belajar) adalah sebesar 33,2%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | S. Pd Dila Dila Nuraida |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 02:55 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 02:55 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1624 |
Actions (login required)
View Item |