EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN YOUTOBE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MASA PANDEMI DI MIN 5 TULUNGAGUNG

Mufatiroh, Miftakhul (2021) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN YOUTOBE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MASA PANDEMI DI MIN 5 TULUNGAGUNG. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI (IAIT) KEDIRI.

[img] Text
COVER pdf.pdf

Download (161kB)
[img] Text
ABSTRAK pdf.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB 1 pdf.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB 2 pdf.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB 3 pdf.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB 4 pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB 5 pdf.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf

Download (140kB)

Abstract

MIFTAKHUL, MUFATIROH. 2021: Efektivitas Media Pembelajaran Youtobe Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Masa Pandemi Di MIN 5 Tulungagung, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Nirra Fatmah, M.Pd.I Kata Kunci: Efektivitas, Media Youtobe, Minat Belajar Pandemi covid yang tidak kunjung selesai berdampak pada pendidikan siswa di bangku sekolah yang harus melakukan pembelajaran dari rumah (daring). Guru dituntut untuk dapat menyajikan pembelajaran yang efektiv selama daring agar siswa tidak merasa bosan melakukan pembelajaran di rumah. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut guru menggunakan media pembelajaran youtobe yang dianggap tepat untuk mengatasi masalah kebosanan siswa selama daring di rumah. MIN 5 Tulungagung sudah melaksanakan pembelajaran dengan media youtobe dari awal pandemi. Untuk itu perlu adanya monitoring terhadap penggunaan media pembelajaran youtobe ini. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran youtube pada siswa kelas IV di MIN 5 Tulungagung? (2) Apakah efektiv penggunakan media pembelajaran youtobe terhadap minat belajar siswa kelas IV di MIN 5 Tulungagung? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran youtobe pada siswa kelas IV di MIN 5 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun pembahasannya bersifat teoritis dan empiris berdasarkan data yang didapatkan di lapangan saat pengumpulan data. Dengan jumlah sampel 10 responden yang terdiri dari wali kelas, guru kelas, siswa, dan wali murid di MIN 5 Tulungagung. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu (1) Penggunaan media pembelajaran youtobe di MIN 5 Tulungagung sudah berjalan dengan baik, terlihat dari antusias siswa yang sudah bisa menggunakan aplikasi youtobe.(2) Efektivitas penggunaan media pembelajaran youtobe terhadap minat belajar siswa tercermin dari respon positif dan hasil belajar siswa yang baik terhadap media pembelajaran youtobe. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan media pembelajaran youtobe sudah dapat terpecahkan dengan baik. Hal ini berdasarkan hasil wawancara yang telah dilaksanakan di MIN 5 Tulungagung pada tanggal 12 Juni 2021 hingga 14 Juni 2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: S.Pd Rofida Amin N. Fida
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:21
Last Modified: 15 Aug 2024 03:21
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1579

Actions (login required)

View Item View Item