IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI AL HUDA KEDUNGLO CENGKOK NGRONGGOT NGANJUK

FATMAWATI, YULI (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI AL HUDA KEDUNGLO CENGKOK NGRONGGOT NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI KEDIRI.

[img] Text
ABSTRAK.1.pdf

Download (828kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstract

ABSTRAK FATMAWATI, YULI. 2021: Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI Al Huda Kedunglo Cengkok Ngronggot Nganjuk, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Wasito, M. Pd.I Kata Kunci : Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe STAD Dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran ini, setiap guru dituntut untuk benar-benar memahami model pembelajaran yang akan diterapkannya. Sehubungan dengan hal tersebut, seorang guru perlu memikirkan model pembelajaran yang akan digunakannya. Pemilihan model pembelajaran yang tepat, sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap proses kegiatan belajar mengajar akan berdampak pada tingkat penguasaan atau hasil belajar siswa yang dihadapi. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada matapelajaran Akidah Akhlak di MI Al Huda Kedunglo Cengkok Ngronggot Nganjuk (2) Bagaimana hasil prestasi hasil siswa di MI Al Huda Kedunglo Cengkok Ngronggot Nganjuk setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif berdasarkan data yang didapat di lapangan saat pengumpulan data. Lokasi penelitian adalah MI Al Huda Kedunglo Cengkok Ngronggot Nganjuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, yang terdiri dari Kepala sekolah, wali kelas atau guru kelas dan siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : (1) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Al Huda Kedunglo Cengkok Ngronggot Nganjuk merupakan model pembelajaran yang menjadikan siswa-siswinya lebih aktif, kreatif, inovatif, serta terampil bekerja sama dimana titik tekan yang ada pada kerja sama sekelompok orang, dimana pada model pembelajaran kooperatif bekerja melatih siswa untuk terampil bekerja sama dengan anggotanya yang diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis, dan penghargaan kelompok. (2) penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada hasil belajar mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: S.Pd Rofida Amin N. Fida
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:11
Last Modified: 14 Dec 2023 02:11
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1556

Actions (login required)

View Item View Item