Implementasi Merdeka Belajar Melalui E Learning Adaptation Process Menuju Pendidikan Ideal MIN 1 Kota Kediri

Uswatun Khasanah, Rois (2021) Implementasi Merdeka Belajar Melalui E Learning Adaptation Process Menuju Pendidikan Ideal MIN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tibakti Kediri.

[img] Text
ABSTRAK _ ROIS USWATUN KHASANAH.pdf

Download (896kB)
[img] Text
BAB I _ ROIS USWATUN KHASANAH.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB II _ ROIS USWATUN KHASANAH.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB III _ ROIS USWATUN KHASANAH.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB IV _ ROIS USWATUN KHASANAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img] Text
BAB V _ ROIS USWATUN KHASANAH.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA _ ROIS USWATUN KHASANAH.pdf

Download (736kB)

Abstract

ABSTRAK KHASANAH, ROIS. 2021: Implementasi Merdeka Belajar Melalui E Learning Adaptation Process Menuju Pendidikan Ideal MIN 1 Kota Kediri, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing M. Arif Khoirudin, S.Sos.I, M.Pd.I. Kata Kunci: Merdeka Belajar, E- learning Adaptation Process, Pendidikan Ideal Penelitian ini penting untuk dilakukan karena tujuan implementasi merdeka belajar adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan menuju pendidikan yang ideal. Selain itu dilakukan tidak hanya untuk memantau dan mengevaluasi (memberi judgement atau penilaian kinerja) melainkan agar menghasilkan informasi yang memicu perbaikan kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Tujuan penelitian ini yaitu : 1), Mengetahui penerapan merdeka belajar melalui e-learning adaptation process di MIN 1 Kota Kediri. 2). Mengetahui proses pendidikan ideal melalui e-learning adaptation process di MIN 1 Kota Kediri Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis, data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan lapangan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi Hasil penelitian yaitu : 1) Implementasi merdeka belajar melalui e- learning adaptation process di MIN 1 Kota Kediri sudah terlaksana dengan memberikan kebebasan guru dalam penggunaan metode mengajarnya tidak harus di dalam kelas bisa di luar kelas, pembuatan RPP bentuk sederhana, pelaksanaan sosialisai AKM pengganti ujian nasional untuk siswa kelas 4, pelaksanaan ujian sekolah berbasis komputer dimana sekolah diberi keleluasaan dalam membuat soal dan memberikan penilaian. 2) Proses pendidikan ideal melalui e-learning adaptation process di MIN 1 Kota Kediri sesuai dengan program kerja kepala madrasah di mana di dalam pembelajaran, guru kelas 6 B memperhatikan karakteristik siswa dengan mengelompokan 3 kelompok yaitu level tinggi, level medium, level rendah. Guru berperan sebagai konduktor dan fasilitator yang siap untuk membimbing dalam berkolaborasi antar siswa melalui classroom, google form, video call, pembuatan video, dan WhatsApp.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: S.Pd Rofida Amin N. Fida
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:15
Last Modified: 14 Dec 2023 02:15
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1552

Actions (login required)

View Item View Item