UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS III-B MIN 1 KOTA KEDIRI

Fadhli, Muhammad (2023) UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS III-B MIN 1 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER dkk.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)

Abstract

ABSTRAK FADHLI, MUHAMMAD. 2023, Upaya Meningkatkan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Pelajaran PPKn Kelas III-B MIN 1 Kota Kediri, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Tribakti (UIT) Kediri, Yasin Nurfalah, M.Pd.I Kata Kunci : Meningkatkan Belajar Siswa, Model Make A Match Pendidikan pada dasarnya adalah suatu usaha yang didasari untuk mengembangkan kepribadian dan dan kemampuannya. Dalam proses belajar mengengajar terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi tercapainya pendidikan, diantanya ialah kurang tepatnya dalam pemilihan model pembelajaran sehingga bisa mengakibatkan proses belajar siswa mengalami kejenuhan bahkan bisa mengakibatkan dalam kurang kepemahaman siswa dalam menerima materi. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar yaitu model pembelajaran make a match. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran make a macth pada mata pelajaran PPKn Kelas III-B MIN 1 Kota Kediri? (2) Bagaimana hasil dari penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran PPKn Kelas III-B MIN 1 Kota Kediri? Penelitian ini tentang penerapan model pembelajaran make a match yang dikembangkan pertama kali pada 1944 oleh Lorna Curran, Model ini saat ini menjadi salah satu startegi penting dalam ruang kelas, Ciri utama model make a match adalah siswa dimita mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau pertanyaan dari materi tertentu dalam suatu pembelajaran. Dalam penelitian ini digunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas mengikuti metodologi penelitian kelas dari Kemmis dan Taggart yang mencangkup: penetapan focus permasalahan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan sekaligus observasi dan interpretasi, analisis dan refleksi. Hasil penelitian yaitu: (1) Penerapan model pembelajaran make a macth pada mata pelajaran PPKn Kelas III-B MIN 1 Kota Kediri dilaksanakan melalui 3 siklus. Pada masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. (2) Hasil dari penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran PPKn Kelas III-B MIN 1 Kota Kediri dapat meningkatkan hasil belajar siswa, nilai rata-rata yang didapatkan siswa pada pra siklus 72, siklus 1 didapatkan 78, siklus 2 didapatkan 83 dan siklus 3 didapatkan 90. Presentase hasil ketuntasan klasikal dari pra siklus 64,5 % pada siklus 1 meningkat 77,4 % pada siklus 2 meningkat 87 % serta peningkatan yang sangat terbaik terjadi pada siklus 3 ketuntasan belajar siswa mencapai 100 %

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: S.Pd Muhammad Fadhli
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:28
Last Modified: 14 Dec 2023 02:28
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1495

Actions (login required)

View Item View Item