Firmansyah, Bagus Hadi (2023) Efektifitas penggunaan media card sort dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah Kolak Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
Text
Cover.pdf Download (329kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (725kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (400kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab II.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab III.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (834kB) |
Abstract
Fiqih adalah salah satu mata pelajaran yang bertujuan agar siswa mengetahui, memahami, dan mengamalkan ketentuan hukum islam dalam melaksanakan ibadah kepada Allah dan ibadah sosial. Untuk mewujudkan tujuan dari pembelajaran Fiqih, diperlukan media yang dapat mengaktifkan siswa. Media card sort merupakan salah satu media pembelajaran aktif dimana guru melakukan sortir kartu berupa kartu-kartu yang berkategori. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas media card sort dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah Kolak Kediri. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII A MTs Raudlatut Thalabah Kolak Kediri yang berjumlah 27 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling purposive. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen kuasi atau Quasi Experimental Design. Quasi Experimental Design yaitu penelitian yang dilaksanakan tanpa adanya kelas pembanding atau kelas kontrol. Desain eksperimen yang digunakan adalah one group pre test-post test. Desain penelitian one group pre test-post test ini diukur dengan menggunakan pre-test yang dilakukan sebelum diberi perlakuan dan post-test yang dilakukan setelah diberi perlakuan. Analisis statistik yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, Levene’s test untuk uji homogenitas, dan paired samples t test untuk uji hipotesis. Semua perhitungan tersebut diolah dengan menggunakan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas, kedua data ini (pre test-post test) berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga perhitungan menggunakan uji paired samples T-test. Hasil penelitian untuk hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa menggunakan uji paired sample t-test , nilai uji-t = -28,741 dengan perbandingan t tabel berdasarkan taraf signifikansi 0,05 = 1,703. Maka berdasarkan kriteria pengujian menggunakan rumus Paired Sample t test yaitu Terima Ha. apabila t tabel < t hitung < t tabel artinya H0 diterima apabila nilai t hitung berada diantara nilai t tabel. Hasil uji t diatas dapat disimpulkan bahwa 1,703 > -28,741 < 1,703 artinya nilai t hitung tidak berada di antara nilai t tabel/tidak sesuai dengan kriteria pengujian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa media Card Sort efektif secara siginifikan untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi guru untuk dapat menerapkan media card sort dalam pembelajaran Fiqih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | fadil ahmad |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 02:50 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 02:50 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1477 |
Actions (login required)
View Item |