Nabahah, Zahro Amirotun (2023) Kesiapan Sekolah dalam Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Religius di SMP Plus Darus Salam kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
Text
cover dkk.pdf Download (956kB) |
|
Text
BAB I rev.pdf Download (568kB) |
|
Text
BAB II rev.pdf Download (702kB) |
|
Text
BAB III rev.pdf Download (527kB) |
|
Text
BAB IV rev.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V rev.pdf Download (330kB) |
|
Text
Lampiran rev.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembentukan Karakter Religius Kurikulum Merdeka Belajar dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah (1) Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila (2) Fokus padamateri esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. Pendidikan karakter adalah pendidikan untuk “membentuk kepribadian sesorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang , yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras dan sebagainya. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang dipakai berupa penelitian lapangan (field reseach). Pelaksanaan penelitian ini di SMP Plus Darus Salam kecamatan Pesantren kota Kediri. Data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, video tape, dokumen pribadi, catatan atau memo, dan dokumen resmi lainnya. Hasil penelitian, yaitu: (1) usaha sekolah dalam pembentukan karakter religius pada kurikulum merdeka yaitu dengan membuat agenda seperti contoh sholat dhuha berjama’ah, istighosah setiap hari kamis, dan muroja’ah sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Sekolah dalam menerapkan program tersebut menggunakan metode pembiasaan agar peserta didik terbiasa melakukannya tanpa tekanan ataupun paksaan (2) Pembentukan karakter religius pada peserta didik berdampak positif, siswa lebih betanggung jawab dengan tugasnya sebagai peserta didik dan lebih disiplin terhadap waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik |
Depositing User: | zahro amirotun |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 02:54 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 02:54 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1366 |
Actions (login required)
View Item |