Korelasi penggunaan metode pembelajaran kolaboratif dengan keaktifan siswa kelas viiib Mts-Al Amien Kota Kediri

Kasanah, Binti Lailatul (2023) Korelasi penggunaan metode pembelajaran kolaboratif dengan keaktifan siswa kelas viiib Mts-Al Amien Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Cover dkk.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstract

Unsur terpenting dalam keberhasilan proses pembelajaran terdapat pada keaktifan peserta didik. Pada saat proses belajar keaktifan pendidik dan peserta didik sangat dibutuhkan di dalamnya. Begitu pentingnya keaktifan peserta didik ini banyak para ahli berusaha mencari tahu bagaimana cara meningkatkan keaktifan belajar ini. Muncul bermacam-macam model dan metode belajar, salah satunya metode pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) Dari uraian diatas dapat ditarik permasalahan penelitian yaitu (1) Bagaimana tingkat Keaktifan belajar siswa di MTs Al-amien Kota Kediri? (2) Bagaimana korelasi penggunaan metode kolaboratif dengan keaktifan siswa di MTs al-Amien Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif korelasi. Dengan jumlah sampel 36 siswa dari MTs Al-Amien Kota Kediri. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada siswa dan guru. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan korelasi product moment dengan bantuan program SPSS 26 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat keaktifan belajar siswa kelas viiib MTs Al-Amien Kota Kediri tergolong cukup atau sedang. 2) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan telah dijelaskan sebelumnya, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran kolaboratif dengan keaktifan siswa, dalam hal ini berarti hipotesis (Ha) yang berbunyi “ terdapat hubungan yang kuat antara metode pembelajaran kolaboratif dengan keaktifan siswa ” ditolak. Terdapat faktor yang menyebabkan ketidak aktifan siswa saat proses pembelajaran dengan menggunakan metode kolaboratif yakni, kurangnya pengawasan yang baik dari guru, adanya kecenderungan mencontoh pekerjaan orang lain, serta memakan waktu yang cukup lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Binti Lailatul Kasanah
Date Deposited: 07 Oct 2023 04:56
Last Modified: 07 Oct 2023 04:56
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1315

Actions (login required)

View Item View Item