Studi Komparatif Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Visual dan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 MIN 1 Kota Kediri

deviansyah, sefta (2023) Studi Komparatif Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Visual dan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 MIN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
CAVER_SKRIPSI_SEFTA_DEVIANSYAH_final... (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I_SKRIPSI_SEFTA_DEVIANSYAH_final....pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II_SKRIPSI_SEFTA_DEVIANSYAH_final....pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III_SKRIPSI_SEFTA_DEVIANSYAH_final....pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_SKRIPSI_SEFTA_DEVIANSYAH_final....pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V_SKRIPSI_SEFTA_DEVIANSYAH_final....pdf

Download (768kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI_SEFTA_DEVIANSYAH_final....pdf

Download (724kB)

Abstract

Studi komperatif adalah penelitian deskriptif yang ingin mencari jawaban secara mendasar tentang uji perbandingan. sebab akibat, yang kemudian dilakukan analisis dengan Komparasi bertujuan untuk mengetahui juga apakah terdapat perbedaan variabel antara suatu kelompok dengan kelompok lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan perbandingan penggunaan media visual dan media benda konkret terhadap hasil belajar siswa kelas I pada mata pelajaran matematika di MIN 1 Kota Kediri tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 5 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta evaluasi. Penelitian ini berolakasi di MIN 1 Kota Kediri, dengan subjek penelitian adalah 56 siswa terdiri dari kelas I-B berjumlah 28 siswa dan I-C berjumlah 28 siswa. Data yang diambil berupa tes akhir siklus, hasil observasi dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan tindakan pada siklus I di kelas I-B peneliti menggunakan media benda konkret berupa sedotan dan stik dengan penerapan peneliti mengangkat beberapa stik dan siswa menjawab ada berapa stik/sedotan yang diangkat peneliti, kemudian pada siklus II di kelas I-B peneliti menggunakan media benda konkret berupa kartu bilangan dengan penerapan guru mengaangkat kartu bilangan tersebut dan siswa menjawab, dan dilanjutkan siklus III yang dilaksanakan di kelas I-C peneliti menggunakan media visual berupa animasi yang mana dalam penerapan guru menjelaskan dan siswa menyimak dan setelah itu siswa ditunjuk beberapa untuk maju dan menjelaskan kembali pada materi pengurangan tanpa meminjam, kemudian pada siklus IV di kelas I-C peneliti menggunakan media Visual berupa poster dalam penerapannya peneliti menempelkan poster tersebut di papan tulis dan peneliti menjelaskan materi yang ada setelah peneliti menjelaskan peneliti menunjuk beberapa siswa untuk maju kedepan untuk menyimpulkan materi pengurangan dengan meminjam, selanjutnya tindakan siklus V pada siklus ini peneliti melakukan uji akhir terhadap siswa kelas I-B yang menggunakan media benda konkret dan siswa kelas I-C yang menggunakan media visual. Hasil penelitian di MIN 1 Kota Kediri menunjukan bahwa: (1) dalam penerapan media benda konkret di kelas I-B menunjukan ketertarikan, pembelajaran lebih kondusif dan siswa lebih mudah memahami materi yang di ajarkan. sedangkan penerapan media Visual di kelas I-C memiliki kekurangan pada saat proses pembelajaran berlangsung yang mana kondisi kelas susah di kondusifkan hal ini terlihat para peserta didik tidak tertarik pada materi dan beranggapan akan di putarkan filem kartun atau lainnya, namun ketika media visual poster siswa lebih memiliki ketertarikan walau sebagian masih ada yang tidak tertarik. (2) hasil belajar siswa kelas I-B terhadap mata pelajaran matematika yang menggunakan media benda konkret lebih besar dari pada siswa kelas I-C pada mata pelajaran matematika yang menggunakan media visual. Maka dapat diartikan secara deskriptif bahwa ada perbandingan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan media benda konkret dan media visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 080 Kumpulan karya umum > 080 Kumpulan karya umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Sefta Deviansyah
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:20
Last Modified: 05 Sep 2023 02:20
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item