Pengaruh pola asuh orang tua terhadap konsentrasi belajar pada siswa di madrasah aliyah negeri 1 kota kediri

Siti, Maimunah (2022) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap konsentrasi belajar pada siswa di madrasah aliyah negeri 1 kota kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama islam Tribakti.

[img] Text
COVER BENER.pdf

Download (341kB)
[img] Text
16894810092412051779523616413581.pdf

Download (321kB)
[img] Text
Abstakk.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (945kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (357kB)

Abstract

Setiap peserta didik mempunyai ketrampilan yang berbeda dalam belajar, seperti ketrampilan membaca, mendengar, dan menulis yang diperoleh dari pengalaman belajar yang berpengaruh dengan prestasi belajar. salah satu faktor yan dapat mempengaruhi rendahnya prestasi belajar adalah konsentrasi. kehidupan peserta didik termasuk proses belajar sebagian besar dipengaruhi oleh lingkungan keluarga. Misalnya adanya masalah dalam lingkungan keluarga seperti masalah dalam pola asuh orang tua yang akan mempengaruhi kondisi siswa, siswa akan kehilangan semangat dan motivas belajar mereka, tentunya akan berpengaruh juga terhadap tingkat konsentrasi siswa yang akan semakin menurun. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1)Bagaimana pola asuh orang tua pada siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri ?(2)Bagaimana konsentrasi belajar pada Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota kediri? (3)Apakah ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap konsentrasi belajar pada Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 kota kediri ? hasil penelitian, ini merupakan penelitian kuantitatif .Ada pun pembahasannya bersifat teoritik dan empiris disertai dengan memberikan analisa sesuai dengan yang ada. Dengan jumlah Sampel 30 siswa, pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, instrumen dengan nilai a.pola asuh orang tua 0,734 dan konsentrasi belajar dengan nilai 0,835 dan pelaksanaan penelitian ini di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri, Pengumpulan data mengunakan Observasi, Instrumen dan dengan menggunakan bantuan komputer Program SPSS 25 for Windosws. Hasil penelitian, yaitu: (1) pola asuh orang tua pada siswa di Madrasah Negeri 1 Kota Kediri yang diterapkan oleh orang tua terhadap siswa kelas XI Keagamaan adalah Pola Asuh Demokratis . Hal ini terlihat dari jumlah berdasarkan hasil penelitian mengenai pola asuh orang tua yaitu pola asuh Demokratis sebesar 70%. (2) konsentrasi belajar pada Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri termasuk dalam kategori tinggi dibuktikan dengan adanya perhitungan prosentase Konsentrasi Belajar sebesar 70% yaitu siswa dengan tingkat konsentrasi perilaku kongnitif. (3) pengaruh pola asuh orang tua terhadap konsentrasi belajar Siswa di kelas XI Keagamaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri terdapat pengaruh. Sehingga semakin baik pola asuh orang tua maka semakin baik pula konsentrasi belajar pada siswa, adapun besar kontribusi pengaruh variable pola asuh orang tua sebesar 31% selebihnya dipengarui oleh Variabel lain yang tidak masuk ke dalam penelitian. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan metode uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa nilai F Hitung 0,942 dengan tingkat signifikansi sebesar ,0,001< 0,005 maka model regresi terdapat pengaruh yang dapat dipakai untuk memprediksi Variabel pola asuh orang tua dengan kata lain adalah terdapat pengaruh Pola asuh orang tua (X) terhadap Konsentrasi Belajar (Y).Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 156 Psikologi perbandingan
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Siti Maimunah Siti maimunah
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:00
Last Modified: 28 Jul 2023 02:00
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1096

Actions (login required)

View Item View Item