Zuhri, Saifudin (2023) Implementasi Pembelajaran Kitab Ta'lim Muta'alim Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Santri Di Pondok Pesantren Hidayatus Sholihin Kepung Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
Text
COVER DKK_011248.pdf Download (8MB) |
|
Text
BAB I_011134.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II_011147.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB III_011205.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV_011214.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB V_011244.pdf Download (449kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_010813.pdf Download (23MB) |
Abstract
Melihat banyaknya santri baru di PP Hidayatus Sholihin yang masih kurang berakhlak sedangkan Pendidikan akhlak mempunyai posisi yang sangat penting dalam pembangunan bangsa dan khususnya untuk kalangan muda dan di dalam kitab Ta’lim Muta’alim terdapat keterangan bahwa salah satu syarat tercapainya keberkahan dan kemanfaatan ilmu adalah dengan mempunyai hubungan yang baik atau bisa di artikan mempunyai akhlak yang baik terutama kepada guru. Seiring berjalannya waktu hubungan sosial santri semakin tidak menjunjung tinggi nilai akhlak, terutama hubungan guru dengan murid sedikit demi sedikit mulai mengalami perubahan, yang terjadi adalah, 1) atau penghormatan murid terhadap guru semakin menurun. 2) kedudukan guru dalam Islam semakin merosot. 3) harga karya mengajar semakin menurun. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti dapat memaparkan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Talim Muta’alim di pondok pesantern Hidayatus Sholihin Kepung Kediri?. (2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pembentukan akhlak santri melalui pembelajaran kitab Talim Muta’alim di pondok pesantern Hidayatus Sholihin Kepung Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan yang di lakukan di pondok pesantren Hidayatus Sholihin. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dapat dilakukan secara trianggulasi ( gabungan observasi, wawamcara, dokumentasi ), untuk analisis data dengan cara mereduksi yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim di PP Hidayatus Sholihin mennggunakan metode bandongan yang di dalamya terdapat cara pembentukan akhlak antara lain : Metode hiwar, Metode Ibrah dan kisah-kisah, Metode amtsal,Metode targhib dan tarhib, Metode Riyadhah, Metode uswatun hasanah,Metode mau’idzah,. (2) Faktor pendukung pembentukan akhlak di PP Hidayatus Sholihin adalah lingkungan yang bisa di katakan baik, para pengurus yang membina, guru yang memberi percontohan baik, serta peraturan pendukung pembentukan akhlak. Untuk faktor penghambat ialah pengaruh dunia luar budaya barat, guru dan santri yang lupa akan posisi dirinya sehingga tidak mencerminkan hubungan guru dengan murid, banyaknya kendaraan yang lalu lalang pada saat melakukan proses pembelajaran, dan metode pembelajaran yang monoton membuat santri bosan dan tidak sedikit santri ketika mengaji ia tidur dan ada pula yang clinagak-clinguk dengan temanya. Untuk evaluasi yang di lakukan adalah para pengurus mengadakan pembahasan pada setiap malam kamis kliwon yang membahas tentang peraturan dan masalah yang di alami serta melakukan ta’zir bagi pelanggar peraturan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Depositing User: | Saifudin Zuhri |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 02:05 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 02:05 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1081 |
Actions (login required)
View Item |