Implementasi program taḥfīẓ al-qur’an dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren al-ma’ruf putri bandar lor kediri

Lestari, Dewi (2021) Implementasi program taḥfīẓ al-qur’an dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren al-ma’ruf putri bandar lor kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
SKRIPSI DEWI HALAMAN SAMPUL pdf.pdf

Download (92kB)
[img] Text
SKRIPSI DEWI ABSTRAK pdf.pdf

Download (189kB)
[img] Text
SKRIPSI DEWI BAB I pdf.pdf

Download (319kB)
[img] Text
SKRIPSI DEWI BAB II pdf.pdf

Download (339kB)
[img] Text
SKRIPSI DEWI BAB III pdf.pdf

Download (199kB)
[img] Text
SKRIPSI DEWI BAB IV pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
SKRIPSI DEWI BAB Vpdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

Program Taḥfīẓ Al-Qur’an yakni program menghafal Al-Qur’an mutqin (hafalan yang kuat) terhadap lafadz-lafadz Al-Qur’an menghafal makna-maknanya dengan kuat yang memudahkan untuk menghindarkannya dari berbagai masalah kehidupan dan menjadi pedoman kehidupannya, yang di mana Al-Qur’an senantiasa ada dan hidup didalam hati sepanjang waktu sehingga memudahkan untuk menerapkan dan mengamalkannya. Karakter yang baik akan muncul dengan sendirinya dengan adanya kewajiban mengikuti program Taḥfīẓ Al-Qur’an yang akan menjadikan kebiasaan baik santri dan membentuk karakter santri menjadi disiplin dan tanggung jawab atas dirinya. Dari uraian diatas, dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana Implementasi Program Taḥfīẓ Al-Qur’an dalam membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Putri? (2) Bagaimana Dampak Implementasi Program Taḥfīẓ Al-Qur’an dalam membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Putri?. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan lapangan yang dalam ini bertujuan untuk menggambarkan tentang realitas social dan berbagai fenomena yang terjadi dari objek yang diteliti. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara menggali informasi melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) (a) Pelaksanaan Program Taḥfīẓ Al-Qur’an yang di terapkan di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf putri yaitu dengan cara menerapkan jam tambahan khusus menghafal untuk santri yang mengikuti program taḥfīẓ pada setiap hari Senin, Rabu, Sabtu dan Jum’at Legi pada siang hari pukul 13.00-14.00 WIB agar santri lebih fokus menghafal. Dan berbagai metode yang diterapkan dalam pelaksanaan program yaitu metode murojaah, metode sorogan, metode saling menyimak. Metode ini mempermudah pelaksanaan program tahfiz Al-Qur’an. (2) Dampak Implementasi Program Taḥfīẓ Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Putri. (a) Membentuk Karakter yang Bertanggung Jawab. Dalam program taḥfīẓ Al-Qur’an ini santri diwajibkan menyetor hafalan Al-Qur’annya sesuai jadwal yang telah ditentukan, apabila santri terbiasa melakukannya maka akan timbul karakter santri yang bertanggung jawab atas segala hal dengan sendirinya. (b) Membentuk Karakter yang Disiplin Waktu. Hal ini di karenakan program taḥfīẓ Al-Qur’an menuntut santri untuk menyelesaikan hafalannya secara tepat waktu yaitu setiap jadwal setoran. Keharusan menyelesaikan hafalannya tepat waktu sesuai dengan jadwal setoran tersebut membuat santri mampu bersikap disiplin saat hafalan. (c) Membentuk Karakter yang Mandiri. Perilaku itu muncul karena santri menghafal Al-Qur’an dengan kesadaran mereka sendiri dan menghafal dengan kemandirian mereka sendiri. Berdasarkan kebiasaan menghafal Al-Qur’an secara mandiri maka sikap mandiri santri perlahan terbentuk dengan program taḥfīẓ Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: dewi lestari
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:16
Last Modified: 12 Dec 2022 04:36
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/99

Actions (login required)

View Item View Item