Ummah, Sochibatul (2022) Strategi guru dalam memotivasi siswa akan pentingnya PAI di MTs Al-Amien Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
1. cover.pdf Download (63kB) |
|
Text
2. pernyataan keaslian.pdf Download (154kB) |
|
Text
3. persetujuan pembimbing.pdf Download (135kB) |
|
Text
4. lembar pengesahan.pdf Download (259kB) |
|
Text
5. Persetujuan Publikasi.pdf Download (127kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (250kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (264kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
Abstract
Pada era milenial ini kecanggihan teknologi, internet ysng bisa menjangkau segala website, dan masuknya budaya luar yang secara terang-terangan tidak sesuai dengan tuntunan agama dan moral bangsa Indonesia. Hal ini berkembang pesat namun pengawasan dari orang tua serta lingkungan tidak begitu diperhatikan, sehingga siswa semakin tidak memperhatikan akan pelajaran dan pengamalan Pendidikan Agama Islam dan perlunya peran guru sebagai motivator untuk siswa. Dalam fokus penelitian ini ingin mengetahui (1.) Bagaimana guru mengaitkan struktur kognitif dengan informasi baru dengan pelajaran PAI di dalam memotivasi belajar siswa (2) Bagaimana guru memaknai materi pelajaran PAI di dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, sumber data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan observasi, wawancaram dan observasi dari kepala sekolah, dan guru PAI. Data dianalisi dengan cara reduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskripsi, dengan bantuan semua pihak yaitu guru mengaitkan struktur kognitif siswa dengan informasi baru dengan pelajaran PAI dapat mendorong siswa agar mempunyai kemauan untuk belajar pendidikan agama Islam, di dalam proses pembelajaran guru memaknai materi pelajaran PAI dengan mengambil hikmah dan menerapkannya di dalam proses pembelajaran. Cara yang dilakukan guru sesuai dengan teori David Ausabel yang mengemukakan belajar bermakna yang mampu membuat ingatan siswa tidak mudah lupa dan memahami informasi baru
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Sochibatul Ummah |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 03:51 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 03:51 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/568 |
Actions (login required)
View Item |