Strategi guru dalam memotivasi siswa akan pentingnya PAI di MTs Al-Amien Kediri

Ummah, Sochibatul (2022) Strategi guru dalam memotivasi siswa akan pentingnya PAI di MTs Al-Amien Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (63kB)
[img] Text
2. pernyataan keaslian.pdf

Download (154kB)
[img] Text
3. persetujuan pembimbing.pdf

Download (135kB)
[img] Text
4. lembar pengesahan.pdf

Download (259kB)
[img] Text
5. Persetujuan Publikasi.pdf

Download (127kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (264kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)

Abstract

Pada era milenial ini kecanggihan teknologi, internet ysng bisa menjangkau segala website, dan masuknya budaya luar yang secara terang-terangan tidak sesuai dengan tuntunan agama dan moral bangsa Indonesia. Hal ini berkembang pesat namun pengawasan dari orang tua serta lingkungan tidak begitu diperhatikan, sehingga siswa semakin tidak memperhatikan akan pelajaran dan pengamalan Pendidikan Agama Islam dan perlunya peran guru sebagai motivator untuk siswa. Dalam fokus penelitian ini ingin mengetahui (1.) Bagaimana guru mengaitkan struktur kognitif dengan informasi baru dengan pelajaran PAI di dalam memotivasi belajar siswa (2) Bagaimana guru memaknai materi pelajaran PAI di dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, sumber data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan observasi, wawancaram dan observasi dari kepala sekolah, dan guru PAI. Data dianalisi dengan cara reduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskripsi, dengan bantuan semua pihak yaitu guru mengaitkan struktur kognitif siswa dengan informasi baru dengan pelajaran PAI dapat mendorong siswa agar mempunyai kemauan untuk belajar pendidikan agama Islam, di dalam proses pembelajaran guru memaknai materi pelajaran PAI dengan mengambil hikmah dan menerapkannya di dalam proses pembelajaran. Cara yang dilakukan guru sesuai dengan teori David Ausabel yang mengemukakan belajar bermakna yang mampu membuat ingatan siswa tidak mudah lupa dan memahami informasi baru

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Sochibatul Ummah
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:51
Last Modified: 05 Jan 2023 03:51
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item