Shobirin, Aly (2022) Peran guru pai dalam meningkatkan efektivitas belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah As-Syuyuthi Dlopo kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
|
Text
Lampiran-lampiran.pdf Download (5MB) |
Abstract
Proses pembelajaran hendaklah menghasilkan siswa yang unggul, namun melihat pada kenyataan bahwa harapan dari tujuan pendidikan itu sendiri belum sepenuhnya maksimal. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain input dari peserta didik, proses pembelajaran, keefektivan belajar, sarana dan prasarana, serta tenaga kerja sekolah. Dari beberapa faktor tersebut telah diketahui bahwa peran guru dalam meningkatkan efektivitas belajar pada diri peserta didik sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan Berdasarkan uraian di atas, maka yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah As-Syuyuthi Dlopo Kediri? (2) Apa Saja faktor pendukung dan faktor penghambat Efektivitas Belajar Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah As-Syuyuthi Dlopo Kediri? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan terhadap obyek terbuka diluar literatur tertulis. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data yang bersumber dari dokumen Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah As-Syuyuthi Dlopo Kediri terutama data yang bersumber dari Guru PAI terkait peranannya didalam maupun diluar kelas. oleh karenanya sumber data dalam penelitian ini adalah perananan guru PAI yang dapat mengefektivitaskan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah As-Syuyuthi Dlopo Kediri. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, Peran Guru Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah As-Syuyuthi Dlopo Kediri dalam meingkatkan efektivitas pembelajaran anak didik dengan menggunakan peran guru sebagai Inisitor, organisator, Informator dan direktor yang cukup dominan diperankan oleh guru Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah As-Syuyuthi Dlopo Kediri. Adapun peranan guru selain di atas tidak terlalu dominan di perankan oleh guru Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah As-Syuyuthi Dlopo Kediri dalam meningkatkan keefektivan belajar siswa. Adapun Faktor yang mempengaruhi efektfitas belajar anak didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah As-Syuyuthi Dlopo Kediri. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan pembelajaran yang ada di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah As-Syuyuthi Dlopo Kediri diantaranya adalah faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung berupa : Keteladan, Kreatifitas guru dan Media pembelajaran yang memadai. Adapun Faktor yang menghambat berupa : Sarana prasana, Kerjasama kurang baik dan Kurang interaksi antar sesama
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ali Shobirin |
Date Deposited: | 21 Jan 2023 02:52 |
Last Modified: | 21 Jan 2023 02:52 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/552 |
Actions (login required)
View Item |