Ningrum, Mardhiyati (2022) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas v MI Sunan Ampel Wonorejo Pagu Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
Cover dkk.pdf Download (576kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (287kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (198kB) |
|
Text
BAB I Skripsi.pdf Download (449kB) |
|
Text
BAB II Skripsi.pdf Download (531kB) |
|
Text
BAB III Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
|
Text
BAB IV Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (871kB) |
|
Text
BAB V Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (400kB) |
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah dasar memerlukan model pembelajaran tertentu yang dapat merangsang motivasi siswa untuk aktif belajar agar materi yang disajikan lebih mudah dipahami siswa. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan cenderung berpusat pada guru atau teacher center. Guru yang menjadi subjek sedangkan siswa hanya menjadi objek dalam pembelajaran, sehingga hanya guru yang berperan aktif sedangkan siswa cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar Matematika siswa kelas V sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) di MI Sunan Ampel Wonorejo Pagu Kediri?, (2) Bagaimana pengaruh pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) terhadap hasil belajar Matematika kelas V di MI Sunan Ampel Wonorejo Pagu Kediri? Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini kelompok eksperimen mendapat perlakuan pembelajaran tgt sedangkan kelompok kontrol menjalani pembelajaran dengan metode ceramah. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa. Adapun instrumen penelitian adalah tes tulis yang berupa 20 soal yang terdiri dari 10 pilihan ganda, 5 isian singkat, 5 uraian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji-t berpasangan dan uji-f stimultan yang dihitung dengan IBM SPSS Statistic 16. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Sebelum TGT jumlah nilai 2503 dengan rata-rata 69,52 sedangkan setelah TGT jumlah nilai 2775 dengan rata-rata 77,08. Dengan demikian nilai sesudah TGT lebih tinggi dari nilai sebelum TGT. (2) Hasil dari uji-t berpasangan diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikasi < 0,05 maka dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan TGT terhadap hasil belajar. Sedangkan hasil Uji-F Stimultan dengan tingkat signifikansi 5% diperoleh nilai F hitung sebesar 438,066. Karena F hitung (438,066) lebih besar dari F tabel (4,130) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa TGT memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V di MI Sunan Ampel Wonorejo Pagu. Saran yang ingin disampaikan penulis adalah : hendaknya guru inovatif untuk mencoba berbagai model pembelajaran dan sekolah juga mengikutsertakan guru dalam pelatihan terkait pembelajaran agar hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Mardhiyati Ningrum |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 02:32 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:32 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/536 |
Actions (login required)
View Item |