M. Jamalun, Nizar (2021) Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Di Pp Roudlotut Thohirin Sengon Pringgodani Bantur Malang. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
COVER, TTD, PENGESAHAN.pdf Download (436kB) |
|
Text
ABSTRAK (1).pdf Download (356kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (435kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (447kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (426kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
Abstract
Pondok Pesantren di Indonesia sangat mengedepakankan ajaran-ajaran yang telah diciptakan oleh para ulama-ulama atau mushonnif terdahulu yang dikenal dengan istilah kitab kuning. Kitab-kitab tersebut di pondok pesantren dibaca dan dipeljari oleh para santri yang diajarkan langsung oleh para kyai atau ustadz di pondok pesantren tersebut. Pada umumnya kitab-kitab tersebut berdasarkan ahlu sunnah waljamaah, baik ajaran fiqih, akidah, dan tasawwufnya. Adapun ilmu alat tersebut yaitu ilmu nahwu, ilmu sharraf, ilmu bahasa, dan balagah. Dalam mempelajari ilmu nahwu sharraf di pondok pesantren biasanya ada yang menggunakan kitab yaitu Jurmiyah, Imrithi, dan Nadzom Alfiyah. Namun sekarang, dengan berkembangnya kurikulum pondok pesantren oleh Badan Tarbiyah Wa Ta’lim Madrasi atau yang disingkat dengan “Batartama” di Pondok Pesantren Sidogiri mengembangkan suatu ide yaitu menciptakan buku materi ajar nahwu sharraf (Materi Pembelajaran Kitab Kuning: Al-Miftah Lil Ulum) yang nantinya bakal dipelajari bagi para santri yang ingin memahamidan bisa membaca kitab kuning. Rumusan masalah penelitian berikut (1). Bagaimana perencanaan metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri di PP Roudlotut Thohirin ? (2). Bagaimana penerapan metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri di PP Roudlotut Thohirin ? (3). Bagaimana Evaluasi metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri di PP Roudlotut Thohirin ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, disebut pendekatan kualitatif karena merupakan suatu proses penelitian yang menghasilkan data berbentuk deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data yang dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Proses implementasi Metode Al-Miftah Lil 'Ulum di Pondok Pesantren Roudlotut Thohirin Bantur Malang, dilaksanakan melalui 3 tahapan, yaitu perencanaan,penerapan dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1). Implementasi metode Al-Miftah Lil 'Ulum di Pondok Pesantren Roudlotut Thohirin dilihat dari beberapa faktor yang diantaranya yaitu : (a) Meningkatnya hasil belajar santri dilihat dari penguasaan materi. (b) meningkatnya kemampuan membaca kitab kuning santri. (c) membaca kitab sesuai kaidah.(2) Hambatan - hambatan dalam penerapan metode Al-Miftah Lil 'Ulum diantaranya: (a) Kurangnya sarana dan prasarana yang memadai. (b) kurangnya penguasaan penyampaian materi para pendidik
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | M. JAMALUN NIZAR |
Date Deposited: | 17 Dec 2022 02:17 |
Last Modified: | 17 Dec 2022 02:17 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/394 |
Actions (login required)
View Item |