Hikamudin, Ahmad danil (2021) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN. Undergraduate (S1) thesis, Institut agama Islam tribakti.
Text
Cover 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
|
Text
BAB I Azmat.pdf Download (562kB) |
|
Text
BAB II Azmat.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
Text
BAB III Azmat.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
Text
BAB IV Azmat.pdf Download (378kB) |
|
Text
BAB V .pdf Download (736kB) |
Abstract
Hikamudin, Ahmad Danil . 2021: Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Di Pondok Pesantren , Pendidikan Agama Islam , Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Dr. Suko Susilo, M.Si Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Konsep Pendidikan, Ki Hadjar Dewantara Remaja saat ini sedang mengalami kemerosotan moral dan hal ini dalam kondisi yang sangat mengkhawatirkan. Kaum remaja mengalami degradasi moral secara terus menerus dan tampak pada saat ini tidak terkendali. Kemorosotan moral ini dari berbagai aspek, dimulai dengan tutur kata, cara berpakaian hingga perilaku. Faktor perkembangan zaman atau perkembangan teknologi yang semakin maju dan canggih tentu sangat berpengaruh terhadap krisisnya moral. Era Globalisasi mau tidak mau menuntut kesiapan mental dari masyarakat, ketika masyarakat lengah dan lemah maka bahaya akan menerjang. Berdasarkan latar belakang diatas, pentingnya sebuah pendidikan karakter atau moral untuk mendidik generasi muda penerus bangsa agar menjadi sosok yang bukan hanya cerdas akal pikirnya melainkan baik budi pekertinya serta tingkah lakunya. Ki hadjar Dewantara yang merupakan tokoh pendidikan atau dikenal juga dengan bapak pendidikan Indonesia mengatakan bahwa pendidikan adalah sebuah tuntunan, sehingga dalam pembelajaran peserta didik harus memiliki tokoh yang dijadikan contoh ataupun panutan. Dalam penelitian ini diungkapkan konsep pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan pendidikan di pondok pesantren setelah itu implikasinya dengan pendidikan di pondok pesantren serta bagi pendidikan saat ini. Jenis penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Adapun penelitian kepustakaan ialah kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada diperpustakaan seperti buku refrensi, hasil penelitian sebelumnya yang sejenis, artikel, catatan, serta berbagai jurnal yang berkaitan dengan masalah yang dipecahkan. Selanjutnya data dianalisis dengan metode interaktif yang terdiri dari reduksi dat, penyajian data, dan kesimpulan. Penulis menemukan konsep pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara yaitu konsep among, dimana pendidik memiliki peran sangat penting yaitu sebagai teladan dan pembimbing bagi anak didiknya, sehingga orang tua dan guru wajib untuk berperilaku baik dihadapan anak didiknya atau muridnya. Setelahnya sebagaimana yang telah disampaikan diatas, perlu kiranya penulis memberikan sumbangsih berupa saran-saran antara lain, konsep pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara memiliki tujuan yang relevan dengan pondok pesantren dan juga relevan diterapkan pada pendidikan karakter hingga saat ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Lutfidatul Maspiah |
Date Deposited: | 14 Aug 2022 03:34 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 05:01 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/341 |
Actions (login required)
View Item |