Peningkatan karakter santri melalui pendidikan kitab At-Tahliyah Wa At-Targhib kelas 3 tsanawiyah Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kediri

Widodo, Rahmad (2024) Peningkatan karakter santri melalui pendidikan kitab At-Tahliyah Wa At-Targhib kelas 3 tsanawiyah Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
Awal.pdf

Download (625kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (335kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (273kB)

Abstract

Peningkatan adalah proses, cara, perbuatan untuk menaikkan sesuatu atau usaha kegiatan untuk memajukan sesuatu ke suatu arah yang lebih baik lagi daripada sebelumnya. Zaman sekarang banyak para pelajar atau siswa yang tidak menghormati gurunya, tidak sopan bahkan ada yang melawan jika dinasihati. Hal tersebut kemungkinan terdapat kurangnnya pelajaran terkait akhlak di sekolah. Salah satu solusi untuk menghadapi hal tersebut adalah dengan menanamkan pendidikan akhlak. Di Pondok Pesantren Haji Ya’qub salah satu cara peningkatan karakter santri yaitu dengan melaksanakan pengajaran kitab At-Tahliyah Wa At-Targhib karya Sayyid Muhammad. Penelitian ini difokuskan pada beberapa aspek sebagai berikut: 1) Bagaimana konstruksi pendidikan karakter melalui pendidikan kitab At-Tahliyah Wa At-Targhib di Pondok Pesantren Haji Ya'qub? 2) Bagaimana strategi Guru Pengajar Madrasah Diniyah Haji Ya'qub dalam peningkatan karakter santri melalui pendidikan Kitab At-Tahliyah Wa At-Targhib? 3) Bagaimana bentuk-bentuk peningkatan akhlak melalui pendidikan kitab At-Tahliyah Wa At-Targhib di Pondok Pesantren Haji Ya'qub? Penulis dalam menyusun skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, dan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Melakukan wawancara dengan beberapa narasumber diantaranya pengurus/pengajar dan santri Pondok Pesantren Haji Ya’qub. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data dan penyajian data. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Konstruksi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Haji Ya'qub yaitu melalui pembelajaran Madrasah yang menggunakan literasi kitab At-Tahliyah Wa At-Targhib, kegiatan-kegiatan yang telah terjadwal dalam naungan pondok pesantren, keteladanan para Kyai, dewan pengajar, pengurus, dan penerapan tata tertib pondok pesantren. 2) Strategi Guru Pengajar Madrasah Diniyah Haji Ya'qub dalam peningkatan karakter santri melalui pendidikan Kitab At-Tahliyah Wa At-Targhib adalah dengan mengintegrasikan kitab ini secara terstruktur dalam kurikulum madrasah. Selain itu, juga dilakukan evaluasi dan monitoring yang rutin terhadap perkembangan moral dan etika santri melalui observasi sehari-hari serta laporan dari para pengajar. Para pengajar juga berperan sebagai teladan dalam mencontohkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai karakter yang diajarkan dalam kitab tersebut. 3) Bentuk-bentuk peningkatan akhlak melalui pendidikan kitab At-Tahliyah Wa At-Targhib di Pondok Pesantren Haji Ya'qub adalah peningkatan akhlak kesopanan, kejujuran, amanah, kesabaran, kedisiplinan, tanggung jawab, dan rendah hati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Moh Fadli fadli
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:18
Last Modified: 19 Aug 2025 03:18
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2972

Actions (login required)

View Item View Item