Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Pembelajaran Kitab Tauhid Kejawen pada Santri Putri Al-Baqoroh

Rizka, Sania Fatihatu (2024) Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Pembelajaran Kitab Tauhid Kejawen pada Santri Putri Al-Baqoroh. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
2001010017_PRABAB.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2001010017_BAB-1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2001010017_BAB-2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2001010017_BAB-3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2001010017_BAB-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2001010017_BAB-5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini permasalahan mengenai moral menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh para santri, karena masih mengalami kesulitan pembiasaan dalam mengamalkan nilai karakter pada kehidupan Masyarakat. Merujuk pada kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplore beberapa hal berikut: 1). Bagaimana penerapan Pendidikan karakter peduli social melalui pembelajaran kitab tauhid kejawen pada santri putri Al-baqarah. 2). Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat Pendidikan karakter peduli social melalui pembelajaran kitab tauhid kejawen pada santri putri Al-baqarah. Penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, kemudian pengecekan keabsahan data dengan mengadakan Triangulasi sumber. Hasil penelitian merujuk bahwa: Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Social melalui pembelajaran kitab tauhid kejawen pada santri putri Al-baqarah berjalan dengan lancar, serta Pendidikan karakter yang ada di pondok pesantren putri Al-baqarah melalui kegiatan rutin, serta pembiasaan tingkah laku. Adapun faktor pendukungnya antara lain: adanya keikhlasan dari pengasuh dan ustadzah, adanya sistem asrama, dan kesadaran orang tua. Kemudian faktor penghambatnya ialah: keterbatasan waktu, faktor usia dan pertemanan, dan faktor dari diri sendiri. Kemudian teori yang digunakan ialah kerangka konseptual dari peraturan kementrian Pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia. Adapun teori ini relevan dengan penelitian saya karena, teori ini bisa diimplementasikan di pondok pesantren putri Al-baqarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 29 Aug 2025 02:04
Last Modified: 29 Aug 2025 02:04
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2770

Actions (login required)

View Item View Item