Penanggulangan kenakalan siswa melalui pendidikan akhlak di MaAl-manar Prambon Nganjuk

Choirun nisa', Anita (2021) Penanggulangan kenakalan siswa melalui pendidikan akhlak di MaAl-manar Prambon Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Kediri.

[img] Text
SKRIPSI DEAL-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)

Abstract

Choirun Nisa’, Anita. 2021: Penanggulangan Kenakalan Siswa Melalui Pendidikan Akhlak, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Dr. H. Hamam Syamsuri, S.Pd.I Kata kunci: Penanggulangan Kenakalan Siswa Melalui Pendidikan Akhlak Kenakalan remaja merupakan problem yang senantiasa muncul ditengah tengah masyarakat yang membawa masalah tersendiri yang sulit dicari ujung pangkalnya, sebab itu kenakalan remaja merusak nilai ajaran serta nilai-nilai hukum. Untuk pembangunan moral yang baik atau akhlak yang baik perlu adanya bimbingan pendidikan dan pengawasan dalam bidang keagamaan sebab agama di wahyukan oleh Allah kepada Nabi dan Rasul-Nya melalui malaikat jibril untuk membimbing manusia agar tidak terjerumus dalam kemusyrikan dan kerusakan moral atau akhlak yang berkepanjangan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Peran guru dalam menanggulangi kenakalan siswa di Ma Al-Manar Prambon Nganjuk. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam menanggulangi kenakalan siswa di MA Al-Manar Prambon. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan peran guru dalam menanggulangi kenakalan siswa di MA Al-Manar Prambon Nganjuk. (2) Menjelaskan Faktor penghambat dan pendukung dalam menanggulangi kenakalan siswa di Ma Al-Manar Prambon Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu pengumpulan data pada suatu latar alamiah dengan maksud menafsirkan apa yang terjadi dimana peneliti adalah sebagai kunci, pengambilan sampel sumber data dialakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan) analisis data bersifat indukatif / kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Alasan peneliti menggunkan pendekatan kualitatif diantaranya peneliti ingin mempelajari beberapa efektif menanggulangi kenakalan siswa melalui pendidikan akhlak di Ma Almanar Prambon Nganjuk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Melalui Pendidikan Akhlak dengan adanya memberikan motivasi kepada peserta didik (siswa). memberikan informasi tentang bahanya melakukan tindakan kriminal. selalu mengawasi perkembangan tingkah laku siswa. Menanamkan perilaku keagamaan adalah suatu hal yang harus dilakukan oleh guru terutama guru Pendidikan Agama Islam. Melalui penanaman akhlak dalam perilaku peserta didik dapat diarahkan dengan adanya pemberian contoh atau keteladanaan dari guru khususnya guru PAI. Contoh keteladanan guru PAI dapat mengubah pola tingkah laku peserta didik menjadi lebih baik. (2) faktor pendukung dalam menanggulangi kenakalan siswa ada beberapa tindakan kenakalan siswa sering terjadi di ruang lingkup sekolah dan juga di tengah – tengah masyarakat. Menunjukan bahwa siswa tersebut ingin adanya perhatian atau diperhatikan secara lebih, sebab di usia remaja adalah peralihan dimana anak beranjak menuju dewasa. Tentu pada masa ini akan muncul berbagai perubahan yang mengharuskan setiap anak beradaptasi dengan baik. Sehingga anak-anak perlu mendapatkan pendampingan dan pengawasan yang baik oleh orang tua ,guru,dan juga masyarakat. Faktor penghambatnya adalah kesalahan orang tuan dalam mendidik anak hal tersebut akan besar pengaruhnya pada perkembangan anak sehingga keluarga juga bakan menentukan keberhasilan dari perkembangan anak kemudian teman bergaul juga dapat mempengaruhi prilaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Anita Choirun nisa'
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:25
Last Modified: 22 Aug 2024 02:25
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item View Item