Tranformasi pendidikan melalui integrasi kurikulum pesantren salaf dan modern di pondok pesantren al-mubarok Kras Kediri

Milah, Sihab (2024) Tranformasi pendidikan melalui integrasi kurikulum pesantren salaf dan modern di pondok pesantren al-mubarok Kras Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (313kB)

Abstract

Tranfomasi Pendidikan mealui integrasii kerikulum salaf dan modern, didalam pesantren sangat menarik unruk dikaji, dikarenakan banyaknya anggapan terhadap kualitas pendidikan islam di pesantren yang menyataka bahwa pesantren adalah pendidikan islam yang kolot dan tidak selaras dengan perkembangan era modern saat ini, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah yang setrategis dan urgent dalam rangka mengembangkan pendidikan islam didalam pesantren, misalnya dengan cara melakukan integrasii kurikulum didalam pendidikan pesantren tradisional dengan pesantren modern. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana bentuk tranformasi pendidikan di pondok pesantren Al Mubarok Kras Kediri? (2) Bagaimana bentuk integrasii kurikulum pondok pesantren salaf dan modern di Pondok Pesantren Al Mubarok Kras Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif, prosedur pengumpulan data dengan cara obsevasi dan wawancara, tekmis analisi data dengan tahapan editing, vertivikasi, dan anlisi, sedangkan pengecekan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Tranformasi pendidiksn pomdok Pesantren Al-Mubarok mengalami beberapa perubahan nama dalam sistem pembelajrannya. dengan berbasis Pesantren Mu’adalah yang artinya disetarakan. Terdapat beberapa model pendidikan didalam kurikulum ini diantaranya yaitu: Model pendidikan di pesantren Al-Mubarok yaitu 1.) Muhadasah Bahasa Arab dan inggris 2.) Muhadhoroh 3.) Rihlah keislaman 4.) Mujahadah. Didalam kurikulum ini tidak terdapat rencana perencanaan pembelajaran, silabus yang formal. (2) Dalam Tranformasi Pendidiksan Melalui integrasii Pendidikan pesantren salaf dan moderen Al mubarok banjaranyar Kediri terdapat metode kurikulum atau pembelajaran yakni cara mempraktikkan rencana yang disusun dalam kegiatan pembelajaran agar tujuan yang telah dirancang tercapai secara maksimal. Metode kurikulum pondok pesantren Al Mubarok dibagi menjadi yaumiyyah dan diniyyah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mohammad Rafli
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:11
Last Modified: 19 Aug 2025 03:11
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2585

Actions (login required)

View Item View Item