Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Perspektif Kognitif Dalam Mengembangkan Kompetensi Tahfidz Santri (Studi Implikasi Program Mondok Weekend di Pondok Pesantren Zawiyatul Qur’an Rembang Kabupaten Kediri)

Prabowo, Prabowo (2024) Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Perspektif Kognitif Dalam Mengembangkan Kompetensi Tahfidz Santri (Studi Implikasi Program Mondok Weekend di Pondok Pesantren Zawiyatul Qur’an Rembang Kabupaten Kediri). Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
COVER DLL..pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi pembelajaran tahfidz al-qur’an pada dasarnya merupakan cara pembelajaran untuk mendidik santri-santri dalam menghafal Al-Qur’an. Penerapan strategi yang baik dan efektif dapat mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran. Pondok pesantren Zawiyatul Qur’an memberlakukan pembelajarn tahfidz Al-Qur’an dengan mengadakan program Mondok Weekend. Program ini sebagai wadah agar siswa yang mengikuti program tahfidz di sekolah formal dapat mengembangkan kompetensi tahfidznya. Sehingga siswa bisa lebih mendalami akan menghafal Al-Qur’an. Kompetensi yang ditujukan yakni kuatnya serta kualitas hafalan yang baik serta mengetahui hukum-hukum membaca Al-Qur’an. Dari uraian diatas, fokus penelitian dalam penelitian tesis ini sebagai berikut : 1) Bagaimana Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Dalam Mengembangkan Kompetensi Tahfidz santri di Pondok Pesantren Zawiyatul Al-Qur’an?, 2) Bagaimana Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Dalam Mengembangkan Kompetensi Tahfidz santri di Pondok Pesantren Zawiyatul Al-Qur’an Perspektif Teori Kognitif? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian meliputi : 1) Strategi pembelajaran Tahfidz perspektif Kognitif dalam mengembangkan kompetensi santri di Pondok Pesantren Zawiyatul Qur’an meliputi tiga jenis strategi. Tiga jenis strategi tersebut meliputi strategi pengorganisasian, penyampaian, pengelolaan. 2) tahfidz Al-Qur’an dalam mengembangkan kompetensi tahfidz santri dintinjau dari teori kognit terbagi menjadi tiga tahap belajar. a. Asimilasi. Seorang santri yang sudah hafal surat kemudian dibenarkan bacaan yang masih salah. b. Akomodasi. Santri telah mengetahui pembagian hukum nun mati dan Ustadznya memberikan sebuah soal dan praktek pembagian hukum nun mati dengan santri memcari contoh hukum yang sama di Al-Qur’an. c. Ekuilibrasi. Santri telah mengetahui hukum nun mati serta ustadz memberikan tugas untuk mempresentasikan dan mempraktekannya kemudian ustadz menambahkan bacaan mad dan lain sebagainya. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an, Kompetensi Tahfidz Santri

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Prabowo Prabowo
Date Deposited: 01 May 2025 03:50
Last Modified: 01 May 2025 03:50
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2539

Actions (login required)

View Item View Item