IMPLEMENTASI METODE CERAMAH PLUS TANYA JAWAB DAN TUGAS (CPTT) DALAM PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DI MADRASAH QIRO’ATIL QUR’AN PONDOK PESANTREN HM AL-MAHRUSIYAH III ASRAMA AL-‘ASYIQIYAH

ROHMATILLAH, LAILATUL MAULIDIYAH (2024) IMPLEMENTASI METODE CERAMAH PLUS TANYA JAWAB DAN TUGAS (CPTT) DALAM PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DI MADRASAH QIRO’ATIL QUR’AN PONDOK PESANTREN HM AL-MAHRUSIYAH III ASRAMA AL-‘ASYIQIYAH. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (787kB)
[img] Text
bab 1 .pdf - Published Version

Download (848kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (856kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version

Download (751kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Updated Version

Download (710kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (641kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah mengingat pentingnya mengetahui dan memahami ilmu tajwid, serta menerapkan dalam pelaksaannya, dalam membaca al-qur’an. Namun dengan tanpa adanya kekereatifan seorang pengajar dalam menyampaikan pembelajaran maka pembelajaran akan sulit diterima oleh anak didik, sehingga pengetahuan terhadap ilmu tajwid semakin merosot. Salah satu upaya agar santri dapat mudah memahami, mengingat dan mempraktekkan dalam bacaan al-qur’annya yaitu dengan pembelajaran yang menerapkan metode ceramah plus Tanya jawab dan tugas. Melalui metode tersebut anak didik akan mudah menerima materi, memahami materi, mudah mengingat materi sehingga ketika membaca al-qur’an dan menerapkan materi yang sudah diterimanya. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi metode ceramah plus Tanya jawab dan tugas dalam pembelajaran ilmu tajwid di madrasah qiro’atil qur’an Pondok Pesantren Putri Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Asrama Al-‘Asyiqiyah? (2) Bagaimana respon santri terhadap implementasi metode ceramah plus Tanya jawab dalam pembelajaran ilmu tajwid di madrasah qiro’atil qur’an Pondok Pesantren Putri Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Asrama Al-‘Asyiqiyah? Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-kualitatif. Dalam pembahasannya membahas teori yang ada dan data yang sesuai dengan keadaan yang diteliti. Adapun metode penelitiannya dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, analisis data, dan pemaparan data. Hasil dari penelitian yang ditemukan dalam pembelajaran ilmu tajwid di Madrasah Qiro’atil Qur’an di Pondok Pesantren Putri HM Al-Mahrusiyah Asrama Al-‘Asyiqiyah bahwa penerapan metode CPTT dalam pembelajaran ilmu tajwid di Asrama Al-‘Asyiqiyah dapat menghasilkan anak didik yang lebih aktif dan semangat belajar. Sehingga tanggapan mereka sangat baik terhadap penerapan metode CPTT tersebut dalam pembelajaran ilmu tajwid di Asrama Al-‘Asyiqiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.pd Achmad Alwi Ardani
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:16
Last Modified: 19 Aug 2025 03:16
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2394

Actions (login required)

View Item View Item