agnes, novita sari (2024) PENGGUNAAN MEDIA BOARD GAME MONOPOLY DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS IV - B MI ISLAMIYAH BANJARMLATI. Undergraduate (S1) thesis, universitas islam tribakti lirboyo kediri.
![]() |
Text
cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) |
![]() |
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (442kB) |
Abstract
Penggunaan Media pembelajaran peserta didik di MI Islamiyah Banjarmlati dilatar belakangi bahwa dalam dunia pendidikan memerlukanketersediaan media pembelajaran yang edukatif. Salah satunya yaitu denganpenggunaan Media Board Game Monopoly yang sudah dilakukan selama pergantian kurikulum menjadi Kurikulum Merdeka. Board Game Monopoly merupakan media pembelajaran yang memiliki beberapa bagian yaitu papan monopoly, pion dan dadu, kartu pertanyaan dan uang mainan. Alasan penggunaan media Board Game Monopoly ini dari banyak nya media pembelajaran, monopoly merupakan permainan yang hampir setiap anak mengetahuinya. Dalam pendidikan masih jarang yang memanfaatkan media tersebut. Media pembelajaran dapat memberikan dampak positif terhadap peserta didik seperti memberi suasana pembelajaran baru, meningkatkan kerja sama, dan meningkatkan pemahaman. Dari uraian diatas, maka dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut 1). Bagaimana Perencanaan Media Pembelajaran Board Game Monopoli I dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran SKI kelas IV-B MI Islamiyah Banjarmlati? 2). Bagaimana Pelaksanaan Media Pembelajaran Board Game Monopoli I dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran SKI kelas IV- B MI Islamiyah Banjarmlati? 3). Bagaimana Penilaian Media Board Game Monopoly dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran SKI Kelas IV- B? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Ada pun pembahasan bersifat tepritis dan empirik disertai dengan memberikan analisa sesuai dengan yang ada. Dengan jumlah sampel kelas IV- B 29 peserta didik danpelaksanaan penelitian ini di MI Islamiyah Banjarmlati Kabupaten Kediri. Menggunakan teknik pemngambilan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsaan data menggunakan triangulasi sumber, trianggulasi sumber data, dan trianggulasi metode Hasil penelitian. Hasil penelitian yaitu : 1). Mendeskripsikan Perencanaan Media Pembelajaran Board Game Monopoly dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran SKI Kelas IV- B. 2). Memaparkan Pelaksanaan Media Pembelajaran Board Game Monopoly dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran SKI untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas IV-B. 3). Menjelaskan Penilaian Menggunakan Media Pembelajaran Board Game Monopoly dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran SKI Kelas IV-B.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:43 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:43 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2218 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |