IMPLEMENTASI METODE REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN ILMU NAHWU DI MADRASAH IHYA’ ULUMUDDIN PONDOK PESANTREN LIRBOYO UNIT DARUSSALAM KOTA KEDIRI

galang, galang (2023) IMPLEMENTASI METODE REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN ILMU NAHWU DI MADRASAH IHYA’ ULUMUDDIN PONDOK PESANTREN LIRBOYO UNIT DARUSSALAM KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
A. sampul.pdf

Download (112kB)
[img] Text
B. Keaslian Penulisan.pdf

Download (144kB)
[img] Text
C. Lembar persetujuan Pembimbing.pdf

Download (207kB)
[img] Text
D. Lembar Pengesahan.pdf

Download (302kB)
[img] Text
E. Lembar Bimbingan.pdf

Download (127kB)
[img] Text
F. ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text
G. DAFTAR ISI.pdf

Download (370kB)
[img] Text
H. BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
I. BAB II.pdf

Download (502kB)
[img] Text
J. BAB III.pdf

Download (333kB)
[img] Text
K. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
L. BAB V.pdf

Download (300kB)
[img] Text
M. DAFTAR PUSTA.pdf

Download (410kB)

Abstract

ABSTRAK Pangestu, Jagat Galang, 2023: Implementasi Metode Reward Dan Punishment Dalam Pembelajaran Ilmu Nahwu Di Madrasah Ihya’ Ulumuddin Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Kota Kediri. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Tribakti (UIT) Kediri, Dosen Pembimbing: Novida Aprilina Nisa Fitri M.Pd. Kata Kunci: Metode Reward, Punishment, Ilmu Nahwu Metode Reward adalah segala sesuatu yang diberikan oleh guru berupa penghargaan yang menyengkan perasaan peserta didik karena hasil baik yang telah dicapai dalam proses pendidikan dengan tujuan dapat memberikan motivasi agar peserta didik dapat melakukan perbuatan terpuji dan berusaha dapat meningkatkannya dengan lebih baik lagi. Metode punishment merupakan sarana pendidikan, berupa tidakan alternative yang dikehendaki adalah kemaslahatan umum yaitu untuk menyadarkan anak didik dalam aspek kedisiplinan dan memotivasi anak didik dalam bidang pendidikan agar interaksi dalam proses belajar mengajar berjalan maksimal terutama bidang nahwu. Nahwu adalah aturan-aturan yang dapat mengenal hal ihwal kata-kata bahasa Arab, baik dari segi i’rab maupun bina’. Dari uraian di atas, Maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana praktek pembelajaran ilmu nahwu Di Madrasah Ihya’ Ullumuddin Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Kota Kediri? (2) Bagaimana keberhasilan Metode Reward Dan Punishment dalam pembelajaran ilmu nahwu di Madrasah Ihya’ Ulumuddin Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Kota Kediri? Dari hasil yang didapat dalam penelitian ini bahwasanya pelaksanaan Metode pembelajaran ilmu nahwu Madrasah Ihya’ Ulumuddin mengedepankan kedisiplinan hafalan dengan materi nadzom dan taqrirrot (keterangan) serta menekankan pada pemahaman. Metode reward yang di terapkan di madrasah ihya’ ulumuddin Ketika terjadi proses pembelajaran di madrasah, bentuk-bentuk reward yang di berikan oleh pendidik kepada peserta didik adalah dengan Ucapan, contohnya yaitu seperti "Anak pintar", "Jawabannya tepat, hebat". Gerakan tubuh, contohnya seperti “Tepuk Tangan”, “mengacungkan jempol”. Metode punishment yang diterapkan oleh madrasah ihya’ ulumuddin merupakan tindakan yang mendidik yang dapat mengantarkan anak didik dalam kesuksesan meraih ilmu nahwu, serta dapat mengaplikasikan terhadap ilmu-ilmu yang lain. Jenis-jenis hukuman yang diberikan atau yang diterapkan di madrasah ihya’ ulumuddin antara lain. “Berdiri”, “Karantina”, “Roan massal”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran
200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
200 – Agama > 200 Agama > 208 Sumber-sumber umum agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: S.Pd Galang Jagat Pangestu
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:24
Last Modified: 06 Aug 2024 04:24
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1875

Actions (login required)

View Item View Item