Program diskusi masaa'il fiqih di Pondok Pesantren Putri Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Kota Kediri

Hafidza, Husna (2022) Program diskusi masaa'il fiqih di Pondok Pesantren Putri Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Cover dkk.pdf

Download (841kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (327kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang salah satu program atau kegiatan pembelajaran non formal yang dilaksanakan oleh lembaga Lajnah Bahtsul Masaa’il dibawah naungan Pondok Pesantren Putri Lirboyo HM Al-Mahrusiyah yaitu program Diskusi Masaa’il Fiqih Malam Selasa atau yang lebih dikenal dengan nama Diskusi malam selasa, dengan pokok pembahasan mengenai bentuk perencanaan serta pelaksanaan dari program Diskusi Masaa’il Fiqih itu sendiri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif sebagai pendekatannya, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam terhadap informan berupa Ketua Umum Lajnah Bahtsul Masaa’il, Pembantu Kepala Madrasah (PKM III) selaku yang membawahi LBM, Dewan Ro’is LBM, Dewan Mustahiq-mustahiqqoh selaku pengajar (Asatidz-asatidzah) Madrasah Diniyah HM Al-Mahrusiyah Putri, serta santri atau siswi madrasah diniyah yang menjadi pelaku atau objek pelaksanaan dari kegiatan Diskusi Masaa’il Fiqih. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan model alir yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan konklusi. Penelitian ini menghasilkan temuan penelitian berupa bentuk perencanaan dan pelaksanaan dari kegiatan Diskusi Masaa’il Fiqih, adapun bentuk perencanaan dari kegiatan Diskusi Masaa’il Fiqih diantaranya menentukan kurikulum atau kitab yang digunakan sebagai bahan materi diskusi beserta batasan-batasan materi untuk tiap pertemuannya, pembentukan tim moderator sekalagus tim pembuat as’ilah untuk diskusi tingkat Tsanawiyah, membuat jadwal ro’is perkelas madrasah diniyah, menentukan peserta atau delegasi diskusi, menentukan perumus diskusi untuk tiap tingkatannya, serta menentukan tim pembukuan atau tim pengarsipan hasil diskusi masaa’il fiqih. Adapun untuk pelaksaan dari kegiatan Diskusi Masaa’il Fiqih dapat diklasifikasikan menjadi beberapa tahapan yaitu: (a) tahap pembukaan meliputi pembacaan materi diskusi oleh ro’is, (b) tahap inti meliputi Tanya jawab baik pertanyaan seputar murod maupun perkembangan murod (pertanyaan bebas) namun yang masih berkaitan dengan materi yang dibahas, (c) tahap penutup, meliputi perumusan serta pembacaan hasil rumusan oleh moderator dilanjukan dengan do’a dan salam sebagai penutup.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Husna Hafidza
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:51
Last Modified: 05 Aug 2024 04:51
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1852

Actions (login required)

View Item View Item