IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MADRASAH DINIYAH HM AL MAHRUSIYAH I PUTRI LIRBOYO KEDIRI

Yuli Yeni, Sinta (2023) IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MADRASAH DINIYAH HM AL MAHRUSIYAH I PUTRI LIRBOYO KEDIRI. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
revisi tesis sinta yuli.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

YENI, SINTA YULI. 2023: Implementasi Reward dan Punishment dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik di Madrasah Diniyah HM Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri, Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Pascasarjana UIT Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Dr. H. Suko Susilo, M.Si, Dr. Diana Nur Sholihah, M.Pd.I. Kata Kunci: Reward, Punishment, Kedisiplinan Peserta Didik Mencetak peserta didik yang memiliki karakter disiplin baik dalam menaati tata tertib maupun dalam belajar merupakan salah satu tujuan dari pendidikan. Dengan adanya disiplin proses belajar mengajar menjadi aman dan teratur. Salah satu metode yang diterapkan dalam membentuk kedisiplinan adalah reward dan punishment. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian berikut: (1) Bagaimana pola penerapan reward dan punishment dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di Madrasah Diniyah HM Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri? (2) Apa saja bentuk reward dan punishment dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di Madrasah Diniyah HM Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri? (3) Bagaimana implikasi reward dan punishment dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di Madrasah Diniyah HM Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis pendekatan yang dilakukan yakni penadekatan deskriptif. Teknik penagumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan reduksi data, penayajian data, dan penaarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) Pola penerapan reward dan punishment dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di madrasah diniyah yaitu dengan mengenalkan tata tertib madrasah diniyah, pemberian reward,dan pemberian punishment. (2) Bentuk reward di madrasah diniyah diantaranya, memberikan pujian, hadiah, dan piagam penaghargaan, sedangkan bentuk punishment di madrasah diniyah diantaranya, kartu pelanggaran, berdiri, membaca kitab. (3) Penerapan reward dan punishment memberikan motivasi peserta didik untuk berusaha mengikuti kegiatan madrasah diniyah serta berusaha untuk tidak melanggar tata tertib madrasah diniyah.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:35
Last Modified: 15 Aug 2024 03:35
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1812

Actions (login required)

View Item View Item