Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTs An-Nawawiyah Ringinagung Keling Kepung Kediri

Anshori, Muhammad Yusuf (2023) Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTs An-Nawawiyah Ringinagung Keling Kepung Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Cover-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di era yang sarat dengan informasi dan teknologi, siswa ditantang untuk lebih memacu diri agar keberadaannya lebih berarti bagi kemajuan negara. Karena dengan disiplinlah kunci kesuksessan pendidikan dimasa yang akan datang. Dengan menerapkan sistem disiplin dengan baik di sebuah instansi pendidikan maka akan memacu peserta didik untuk lebih termotivasi dalam berlomba-lomba menuju pendidikan yang lebih baik. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana peran wali kelals dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs An-Nawawiyyah Ringinagung? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat wali kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs An�Nawawiyyah Ringinagung? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 guru sebagai informan kunci dan waka kurikulum sebagai informan. Teknik mengumpulkan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data dan penarikan kesimpulan. Semakin banyak dijumpai wali kelas yang belum mampu menjalankan perannya secara baik, mereka lebih banyak menjalankan peran administratif dibanding peran meningkatkan kedisiplinan siswa. Hal ini disebabkan karena masih terdapat wali kelas yang merangkap tugas tambahan, baik sebagai guru di tempat lain maupun sebagai Pembina kegiatan ekstrakulikuler. Dikarenakan alasan ini, peneliti memilih fokus penelitian pada peran wali kelas dalam meningkatkan kedisiplinan di MTs An-Nawawiyah Ringinagung Keling Kepung Kediri.Hasil Penelitian, yaitu: (1) Peran wali kelas cukup baik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa salah satu nya yaitu dengan memberikan pengawasan dan perhatian. (2) Faktor pendukung wali kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa salah satu nya dengan membuat grup whatsapp antar wali murid. Faktor penghambat wali kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu dari diri peserta didik sendiri, selain itu juga dari latar belakang daerah masing-masing peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Desy Rita Ramadhani
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:59
Last Modified: 16 Aug 2024 03:59
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item View Item