PEMBELAJARAN TERINTEGRASI SAINS DAN ISLAM DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI MADRASAH ALIYAH (MA) KELAS X SEMESTER GANJIL

SUPINI, SufiSyafa (2023) PEMBELAJARAN TERINTEGRASI SAINS DAN ISLAM DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI MADRASAH ALIYAH (MA) KELAS X SEMESTER GANJIL. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
2107001411_Supini Jadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

SUPINI, 2023 : Pembelajaran Terintegrasi Sains dan Islam dalam Mata Pelajaran Geografi Madrasah Aliyah (MA) Kelas X Semester Ganjil, Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana UIT Kediri, Dosen Pembimbing, Dr. Hj. Sri Susanti Tjahja Dini, M.Pd, Dr. H. Badrus, M.Pd.I. Kata Kunci : Integrasi, Buku Suplemen Kebutuhan integrasi dalam pembelajaran tidak hanya sains namun juga memasukkan nilai Islam, hal ini sangat diperlukan untuk memupuk kekeringan spiritual terutama pada pembelajaran sains, dan tuntutan materi ketika ada kompetisi sains terintegrasi Hal ini menuntut pendidik untuk mampu menciptakan pembelajaran terintegrasi Islam dalam Proses Belajar Mengajar didalam kelas. Referensi yang cukup akan membantu pendidik dan peserta didik dapat mencapat tujuan pembelajaran. Dengan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian berikut : (1) Bagaimana objektifitas modul materi geografi yang belum terintegrasi Islam? (2) Bagaimana Tingkat uji produk pada guru kelompok MGMP kabupaten Nganjuk? (3) Seberapa besar efektifitas modul materi geografi terintegrasi Islam MA kelas X semester ganjil yang telah dikembangkan? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian R&D (Research and Development) yang menghasilkan suatu produk berupa buku suplemen geografi terintegrasi dengan model pengembangan Borg & Gall yang dikenal dengan ADDIE, dalam proses pengembangan awal menganalisis modul MGMP Geografi MA selanjutnya didapat klasifikasi penyusunan buku. Untuk mengetahui kelayakan produk dilakukan uji validasi oleh ahli materi, ahli agama dan ahli media. Tehnik analisis data menggunakan mixed metod (kulitatif dan kuantitatif) yang dihasilkan dari angket dan instrument validasi. Hasil penelitian, yaitu : (1) terdapat objektifitas modul namun tidak ditemukan integrasi Islam didalamnya (2) Uji validitas terhadap produk menghasilkan skor dari ahli Materi 82,7, ahli Agama 84 dan ahli Desain 88 dengan capaian skor uji kelompok terbatas 84,7 Masuk dalam kategori sangat baik dan layak untuk digunakan. (3) terdapat efektifitas penggunaan produk buku suplemen bagi guru Geografi tingkat MA dilihat dari respon ketika uji coba terbatas pada guru MGMP Geografi.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 210 Filsafat dan teori agama > 215 Sains, Ilmu Pengetahuan dan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:29
Last Modified: 22 Aug 2024 02:29
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1746

Actions (login required)

View Item View Item